LogoDIGINATION LOGO

GoToko dari GoJek untuk Pengusaha Warung Kelontong

author Oleh Rommy Rustami Jumat, 11 September 2020 | 16:55 WIB
Share
Share

Gojek memperkenalkan platform digital B2B dengan layanan hulu ke hilir yang akan menghubungkan para pelaku usaha warung kelontong yang selama ini kurang terjangkau dalam distribusi penjualan dengan produsen barang kemasan ternama. Platform ini bernama GoToko.

Aplikasi GoToko menyediakan berbagai manfaat bagi pelaku usaha warung untuk berbelanja stok barang secara online dan sangat mudah diakses. Dengan layanan hulu ke hilir GoToko, pelaku UMKM ini dapat menghemat biaya dan waktu, karena kemudahan mencari dan memesan berbagai macam produk konsumsi kemasan dari sejumlah merek ternama dengan harga yang kompetitif dan transparan.

CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Singh Dhillon menjelaskan bahwa dengan GoToko para pemilik usaha warung kelontong dapat lebih memfokuskan perhatian kepada kebutuhan pelanggan sehingga berpeluang meningkatkan pendapatan dan terus berkembang.

"Peluncuran GoToko memperkuat misi Gojek untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pengguna dan di saat yang sama menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi lebih banyak pemangku kepentingan," katanya.

Gurnoor Singh Dhillon menambahkan bahwa sebagai penggerak perekonomian, 3 juta warung kelontong telah mengkontribusikan hampir 80% dari pasar ritel Indonesia. Namun lebih dari 80% atau sekitar 2,5 juta dari warung tersebut masih masuk dalam kategori underserved atau kurang terlayani.

Pelaku usaha warung kelontong selama ini menghadapi sejumlah tantangan karena terbatasnya ragam produk yang mereka tawarkan, harga produk kulakan yang tidak kompetitif, minimnya dukungan promosi dari produsen, dan kurangnya layanan pengiriman barang yang andal dan hemat biaya.

Mereka pun masih melakukan penyetokan secara manual yang mengharuskan mereka menutup warung dan mengunjungi berbagai agen distributor, melunasi pembayaran yang sebagian besar secara tunai, hingga mengatur pengiriman sendiri.

“Solusi teknologi Gojek yang inklusif dan komprehensif memperkuat posisi GoToko untuk menjadi platform terbaik bagi para pengusaha warung dalam memenuhi kebutuhan untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” tambah Gurnoor.

Selain memudahkan dalam pemesanan barang, GoToko mendorong produktivitas pengusaha warung melalui fitur-fitur pemantauan riwayat pesanan, pelacakan pengiriman barang pesanan, inventory management, akses data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Akses ke program promosi dan loyalty dari merek produk pun semakin terbuka melalui platform GoToko.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB
LATEST ARTICLE