LogoDIGINATION LOGO

Maksimalkan Cuan UMKM Melalui Adaptasi Digital

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:51 WIB
Share
Share

Memperingati hari UMKM Nasional 2020, Moka, startup penyedia layanan kasir digital, berkolaborasi dengan Midtrans, startup penyedia layanan pemrosesan pembayaran online memaparkan upaya memperluas skala usaha UMKM melalui adaptasi ekosistem digital.

Di masa Pandemi COVID-19, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan sektor yang paling terdampak. Banyak pelaku UMKM yang kehilangan pendapatan, tidak bisa mencicil pembiayaan, hingga terpaksa tutup karena berkurangnya pemasukan diakibatkan terbatasnya aktivitas usaha karena dampak pandemi.

Akan tetapi, di masa transisi menuju periode adaptasi baru, Moka menemukan transaksi harian UMKM di 16 kota di Indonesia rata-rata naik hingga 62% jika dibandingkan dengan bulan pertama masa lockdown oleh pemerintah. Fakta ini membawa harapan bagi para pelaku usaha untuk terus bertahan dan memberikan inovasi terbaik bagi bisnisnya.

Moka akan fokus dalam membantu UMKM di Indonesia untuk go-online dengan solusi terbaru guna membantu mereka bangkit dari pandemi yang berlangsung dan melebarkan pasarnya ke ranah online dengan sistem yang sesuai.

Haryanto Tanjo, CEO & Co-Founder Moka menyampaikan tidak hanya dari sisi penjualan, solusi manajemen operasional berbasis digital jugalah penting bagi keberlangsungan bisnis.

“Tidak hanya dari sisi penjualan online, solusi manajemen operasional yang berbasis digital juga penting untuk diterapkan dalam bisnis. Dengan memanfaatkan sistem digital pada operasional bisnis, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih cepat tanggap dalam menganalisa penjualan dan mengambil keputusan penting dalam bisnisnya,” jelasnya.

Fiki Satari, Staf Khusus Menteri Koperasi & UKM Indonesia menyatakan dukungan pemerintah untuk UMKM di masa sulit ini tidak terlepas dari upaya untuk akselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM agar tidak hanya bertahan dan menjalankan aktivitas usaha, namun juga mampu bersaing dalam pasar.

“Salah satu hal utama yang perlu dilakukan oleh UMKM untuk bertahan di masa ini adalah keharusan dalam melakukan adaptasi bisnis dan mendalami inovasi produk, sehingga dapat menyesuaikan dengan permintaan pasar,” kata Fiki Satari.

Sejalan dengan misi Moka, CEO Midtrans Erwin Tanudjaja, memaparkan pemanfaatan platform digital kini menjadi kebutuhan bagi UMKM dalam menjajakan produknya.

“Kami sadar betul di masa sekarang ini, mempermudah transisi dan adaptasi ratusan UMKM di Indonesia ke ranah online melalui upaya digitalisasi merupakan prioritas. Untuk itu, Midtrans mengupayakan kemudahan pelaku UMKM dalam transaksi pembayaran online, salah satunya dengan fitur kami yaitu Payment Link,” katanya.

Payment Link sendiri merupakan produk pembayaran dari Midtrans untuk membantu UMKM menerima pembayaran tanpa website atau integrasi sistem khusus. Payment Link dapat dengan mudah dibuat di portal Midtrans dan dapat dibagikan langsung melalui email, SMS, chat atau media sosial oleh para pelaku usaha.

Mengusung Hari UMKM Nasional 2020, Midtrans juga mencanangkan program zero fee MDR atau pembebasan biaya transaksi online khusus untuk para mitra usaha baru pada periode 15 Juli - 15 September 2020.

Dengan pembebasan biaya transaksi, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih mudah bertransisi ke ranah online, sehingga mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan omzet usaha.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE