LogoDIGINATION LOGO

Entrepreneur Wajib Tahu! Lakukan 5 Strategi Ini Agar Brand Mu Cepat Viral

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 24 Juli 2020 | 14:04 WIB
Share
Share

Siapa yang tidak mau usaha menjadi terkenal atau viral? Tentu semua entrepreneur mau usaha-nya menjadi viral dan menghasilkan keuntungan lebih. Entrepreneur adalah tipe orang yang diwajibkan memiliki inovasi dan kreativitas teruji.

Tidak perlu dipertegas lagi ya apa itu pengertian viral. Di zaman digitalisasi ini kata Viral sudah menjadi kata yang umum bahkan menjadi kebiasaan yang wajib bagi sebagian orang untuk membuat konten viral.

Ya viral merupakan fenomena dimana semua orang tau dengan konten tersebut. Berkat kecanggihan internet dan media sosial, banyak orang berbondong-bondong membuat konten foto atau video agar viral. Konten viral pun banyak membuat orang mendapatkan keuntungan karena video dan fotonya viral.

Lalu bagaimanakah dengan sebuah brand? Bukankah baik membuat konten viral dari bisnis sendiri? Namun untuk menjadikan brand menjadi viral tidak semudah membalikan telapak tangan, ada strategi tertentu yang entrepreneur wajib tahu agar brandnya menjadi viral.

Berikut ulasannya:

  • Tonjolkan keunikan brand
    Tentu banyak usaha yang mirip dengan brand-mu bukan? Itu tidak masalah asalkan ada hal unik yang membedakan brand-mu dengan brand lainnya. Langkah pertama untuk membuat brand kamu terkenal adalah dengan menonjolkan keunikan brand tersebut. Rasa ingin tahu masyarakat dikira akan berpengaruh jika kamu membungkus brand yang berbeda dari brand lainnya.
  • Ikuti tren media sosial
    Cepatnya perkembangan teknologi, membuat banyak platform, sangat mudah menaikan konten menjadi viral. Mungkin sebelumnya, platform Instagram dan Facebook menjadi platform yang digunakan pengguna untuk mengunggah video viralnya, sebelum video-video TikTok merajalela.
    Banyak pengguna yang beralih membuat video viral menggunakan TikTok, dan platform ini ternyata berhasil membuat banyak video viral. Brand bisa juga melakukan hal yang sama membuat konten pemasaran di platform yang sedang viral dan banyak pengguna. Dengan masuk ke dalam platform baru tentu, pemilik brand akan menemukan target baru dan menambah keuntungan.
  • Manfaatkan iklan berbayar
    Bisnis, besar maupun kecil, tentu perlu yang namanya pemasaran. Tingkatkan konten brand mu di Facebook, Instagram, TikTok dan lainnya. Bahkan, jangan sungkan untuk memanfaatkan iklan berbayar. Iklan berbayar di media sosial tidak semahal media elektronik kok. Kamu juga akan lebih mudah menentukan target pembeli dan berapa besar target yang mau kamu jangkau.
  • Kolaborasi
    Brand baru memang cukup sulit menarik perhatian pasar. Oleh karena itu, kolaborasi dengan brand lama yang terkenal bisa jadi jalan pintas untuk menjadikan brand menjadi viral.
    Namun jika tidak yakin berkolaborasi dengan pemilik brand lama, kolaborasi dengan influencer juga sangat berpengaruh bagi pemasaran produk. Era digital tidak menutup mata jika dari konten dan video yang viral menumbuhkan artis-artis baru. Pemilik brand bisa manfaatkan itu untuk membuat konten viral bersama influencer.
  • Dekat dengan emosional
    Percaya atau tidak, tetapi produk menjadi viral entah dari mana. Dalam buku Contagious: Why Things Catch On, Jonah Berger mengatakan bahwa ada faktor dapat dimanfaatkan semua bisnis untuk menjadi viral. Salah satunya, hubungan emosional.
    Pada titik ini, kamu tahu bahwa hubungan emosional adalah komponen kunci dari segala sesuatu yang akhirnya menjadi viral. Hal yang sama berlaku untuk produk atau layanan. Itu tidak berarti bahwa produk kamu perlu membuat seseorang tertawa atau menangis, tetapi itu perlu menimbulkan semacam emosi di dalamnya, dan dapat terngiang di pikiran orang.

Itulah 5 strategi agar brand cepat viral, kalau kamu sudah lakukan 5 hal tersebut mungkin kamu perlu inovasi baru. Jangan lelah untuk berinovasi ya, karena mencari jati diri itu perlu perubahan.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

Brand Lokal Pun Berpotensi Luar Biasa

Produk-produk lokal sebenarnya tidak kalah dengan produk besutan luar negeri, bahkan banyak potensi yang luar biasa yang tersimpan di dalamnya

Rabu, 11 Juli 2018 | 16:19 WIB
LATEST ARTICLE

Startup dan Bayangan Hitam Resesi

Pandemi Covid-19 merubah tatanan usaha, termasuk perusahaan rintisan atau startup. Bagaimana kiatnya agar survive?

Selasa, 21 Juli 2020 | 15:58 WIB

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom

Saat pandemi, interview pekerjaan lebih mengandalkan video conference. Pelajari triknya agar sesi interview berjalan lancar.

Rabu, 15 Juli 2020 | 15:26 WIB

Ketahui Pentingnya Password Manager

Password menjadi bagian penting dalam kehidupan digital. Bagaimana Anda me-manage password-password Anda selama ini?

Kamis, 7 Mei 2020 | 12:21 WIB

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB