LogoDIGINATION LOGO

Baparekraf Developer Day 2020, Ajang Strategi Pengembangan Ekonomi Digital Kreatif

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 16 Juli 2020 | 16:36 WIB
Share
Share

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), mengajak talenta digital kreatif Indonesia untuk bergabung dalam event Baparekraf Developer Day (BDD) yang digelar secara daring pada 18-19 Juli 2020.

Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Simanjuntak menjelaskan BDD, merupakan event yang mempertemukan para expert di industri digital kreatif dengan para developer dalam sebuah sesi inspirasi dan menambah pengetahuan dari para praktisi yang sukses di bidangnya.

BDD merupakan bagian dari dua strategi besar pengembangan ekonomi kreatif Indonesia yaitu transformasi digital dan kewirausahaan (entrepreneurship). Hal ini senada dengan rencana Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam menumbuhkan startup di Indonesia menjadi Unicorn baru.

Kominfo menyebut bahwa target 2024 mendatang, masih akan ada tiga unicorn baru yang muncul di Indonesia. Jadi, upaya meningkatkan kompetensi dan kapasitas para talenta tetap terus dilakukan, dalam menyokong strategi ekosistem ekonomi digital.

"BDD kali ini digelar dalam format online tapi experience akan tetap sama. Inspirasi dan transfer knowledge dari developer andal yang telah sukses sangat dibutuhkan oleh para peserta untuk mengembangkan karyanya," kata Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak.

Josua juga menjelaskan, BDD hadir dalam tiga program, yakni event online, fasilitasi belajar, dan kompetisi. Tujuannya sebagai upaya peningkatan kompetensi dan kapasitas para talenta digital kreatif khususnya di bidang pengembang aplikasi, game, web, dan teknologi digital yang ada di tanah air.

Untuk Event online akan diberikan gratis pada 18 dan 19 Juli 2020. Nantinya peserta akan mendapat paparan dan dapat bertanya langsung terkait 4 topik yang sangat dibutuhkan industri saat ini seperti Technology Track, Android Track, Game Track; dan Web Track. Keempatnya berlangsung dari pukul 08.00-17.00 WIB selama dua hari.

"Dari rangkaian BDD sebelumnya banyak lahir local heroes yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di daerahnya. Harapannya BDD kali ini akan muncul bibit-bibit baru yang berpotensi serta memberikan solusi," ujar Josua.

Sementara itu, Direktur Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam menjelaskan, pada rangkaian BDD tahun ini para talenta digital kreatif dapat mengikuti fasilitasi belajar secara gratis.

Terdapat dua pilihan track yang tersedia yakni Pengembangan Front End Web atau Pengembangan Aplikasi Android. Baparekraf akan memberikan fasilitasi sertifikasi google expert sebanyak 1.250 kepada para peserta yang berhasil lulus dalam kelas prasyarat.

"Terakhir kompetisi atau Challenge di mana para peserta ditantang untuk berlomba menghasilkan solusi digital terbaik guna memecahkan persoalan sehari-hari. Challenge merupakan rangkaian terakhir program BDD yang akan terbuka dari tanggal 1 September hingga 1 Desember 2020," katanya.

Baparekraf Developer Day dapat diikuti secara online dan gratis. Bagi para talenta digital kreatif yang ingin mengikuti event Baparekraf Developer Online bisa mengunjungi link https://www.dicoding.com/events/3221 .

Untuk mengikuti fasilitasi (Pengembang Aplikasi mobile dan Pengembang Aplikasi Web) para talenta digital kreatif bisa langsung mendaftar di https://bdd.kemenparekraf.go.id/registration

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE