Cara Mendapatkan Follower Instagram 100.000 Dengan Singkat ala Babang Rico Huang...

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Sabtu, 9 November 2019 | 13:41 WIB
Share
Share

Paxel, salah satu startup layanan pengantaran barang sameday berbasis aplikasi berbagi ilmu kepada para pemilik UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Jakarta, Jum'at (8/11). Dalam Coffee Talk bertajuk "Scale Up Bisnismu", startup yang kurirnya disebut Hero ini menampilkan entrepreneur sekaligus influencer Rico Huang.

Pria yang lahir tahun 1995 ini berbagai tips dan trik bisnis yang sudah Ia jalani. Dalam sesi sekitar 60 menit yang diadakan di Paxel Headquarter di bilangan Jatinegara, Jakarta Timur ini, Rico memulai usahanya sejak dari bangku SMA. Ia pernah mengkreditkan handphone kepada adik kelas, teman sekelas, kakak kelas bahkan guru-guru di sekolahnya. Dengan gaya yang santai namun menarik, Pria berusia 24 tahun ini memukau para peserta dengan joke-joke ringannya.

"Cara terbaik untuk menjadi sukses adalah yang penting mulai dulu, seperti tagline marketplace berwarna Hijau itu," ujarnya. Menurut Rico, cara berjualan paling efektif yang sampai saat ini dilakoninya adalah melalui akun media sosial Instagram. Dia pun berbagi bagaimana caranya mendapatkan 100 ribu follower di medsos tersebut dengan cara mudah.

Baca juga: Paxel, Bisnis Antarkan Kebaikan

Rico Huang (foto: Dikdik Taufik Hidayat)
"Pertama tentukan dulu, kita ingin membuat akun selebgram, akun publik atau toko online. Itu semua sudah saya lakukan," katanya. Setelah itu, lanjutnya, follow target market yang ingin kita sasar. Pengalamannya, dari 1.000 akun yang difollow, 10% - 20% akun-akun tersebut akan memfollowback.

"Kedua, buat konten yang sesuai dengan karakteristik akun yang dibuat," sambungnya. Ia bercerita bahwa pernah mempunyai akun Raja Parodi yang isinya dagelan, dengan pemasukan bersih Rp30 juta sebulannya. Selanjutnya, ikuti minimal 10 akun yang serupa dengan yang kita punya, lalu buatlah konten mirip dengan akun-akun tersebut. Buatlah konten yang disukai oleh follower, hal itu bisa meningkatkan follower dengan cepat.

"Cara ketiga adalah mengadakan giveaway," sambungnya. Bisa dimulai dari hadiah yang kecil sampai yang besar sekelas hadiah yang diberikan selebgram yang sudah tenar, tergantung kemampuan kita. Plus, jangan lupa beriklan. Ia mencontohkan misalnya kita punya giveaway senilai Rp200 ribu, maka kita harus membudgetkan Rp2 juta.

"Rp1,8 juta kita budgetkan untuk membayar akun-akun yang sudah tenar untuk mempromosikan giveaway kita. Kalau semua metode tersebut terus-menerus dijalankan, maka dalam 3-6 bulan target 100.000 follower akan tercapai," tutupnya.

Sepertinya bisa ditiru tips dari babang Rico, nih. Yuk, kalau Paxel sudah "mengantarkan kebaikan" dengan cara seperti berbagi ini, kalau caramu seperti apa?

Baca juga: 10 Startup Logistik Asli Indonesia, Siapa Saja Sih?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

It’s Never Too Late To Start Up

Kata siapa usia 40 tahun sudah terlalu tua untuk membangun startup? Adrian Gunadi, co Founder dan CEO Investree membuktikan bahwa hal tersebut salah...

Selasa, 3 Desember 2019 | 08:15 WIB

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB