LogoDIGINATION LOGO

Alibaba Group dan UNCTAD Luncurkan Program eFounders ke Asia Tenggara

author Oleh Desy Yuliastuti Selasa, 28 November 2017 | 13:24 WIB
Share
Sekolah Bisnis Alibaba dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dikabarkan membawa 24 pengusaha dari Afrika untuk berpartisipasi dalam program eFounders pertama Alibaba
Share

Sekolah Bisnis Alibaba dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dikabarkan membawa 24 pengusaha dari Afrika untuk berpartisipasi dalam program eFounders pertama Alibaba.

Program ini merupakan langkah awal Jack Ma untuk memenuhi komitmennya sebagai penasihat khusus UNCTAD, yaitu meningkatkan kapasitas 1.000 pengusaha di negara berkembang dalam lima tahun ke depan, termasuk ke negara di Asia Tenggara.

Jack Ma, Alibaba Founder and Executive Chairman dalam keterangan resminya menjelaskan, program eFounders ini adalah bagian dari kemitraan yang dilakukan UNCTAD untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs) 2030. Sesuai dengan mandat agenda PBB.

“Program ini dilakukan untuk mempersempit jarak perkembangan ekonomi digital yang dihadapi pengusaha muda di negara berkembang. Selain itu, kegiatan ini juga sejalan dengan misi Alibaba untuk membantu perkembangan bisnis skala kecil di dalam dan luar negeri dengan bantuan teknologi,”ujar Jack Ma

Dalam program tersebut menurut Jack Ma para pengusaha yang terpilih ini juga berkomitmen untuk menjadi agen perubahan di negara mereka dengan mengaplikasikan program yang sudah mereka pelajari.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk memenuhi tujuan bisnis mereka tapi juga berbagi pengetahuan kepada masyarakat luas di negaranya yang pada akhirnya dapat meningkatkan infrastruktur e-commerce di masing-masing negara.

Sementara Mukhisa Kituyi Sekretaris Jendral UNCTAD menembahkan, saat ini harus jeli dalam memanfaatkan kesempatan yang ditawarkan oleh e-commerce, baik itu sebagai mesin pertumbuhan atau sumber ekonomi inklusif.

Sebanyak 24 peserta dipilih dari 700 pendaftar melalui seleksi yang ketat. Mereka adalah pelopor di berbagai bidang usaha seperti; industri pembayaran melalui gawai, big data, ritel, logistik, dan lainnya. Mereka diterbangkan ke kota Hangzhou untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang e-commerce seperti manajemen inventaris, perdagangan pedesaan, logistik, sistem pembayaran melalui gawai, dan penggunaan data untuk menangkap preferensi konsumen.

Sebagai bagian dari dari program tersebut, para pengusaha yang terpilih ini juga berkomitmen untuk menjadi agen perubahan di negara mereka dengan mengaplikasikan program yang sudah mereka pelajari

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB