LogoDIGINATION LOGO

Butuh Modal Usaha? Ini 5 Platform Fintech yang Bisa Membantu

Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 07:20 WIB
Share
Belakangan ini, masyarakat dikejutkan dengan kehadiran perbankan digital
Share

Belakangan ini, masyarakat dikejutkan dengan kehadiran perbankan digital. Mereka menyebutnya dengan istilah Financial Technology (Fin-Tech). Inovasi tersebut disinyalir menyaingi bank konvensional. Pasalnya, Fin-Tech menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam transaksi keuangan.

Program peminjaman modal adalah terobosan paling mengejutkan dari dunia Fin-Tech. Dalam hitungan jam, seseorang bisa memperoleh pinjaman dana dari startup tertentu. Selain prosesnya cepat, syarat yang diberikan tergolong ringan. Tentu sistem ini sangat membantu para pebisnis dalam mengatasi masalah keuangannya.

Platform Fin-Tech manakah yang paling banyak diminati? Berikut rekomendasi startup terbaik untuk Anda.

  1. Modalku

Modalku memberikan pinjaman kepada pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Situs ini menjadi perantara antara pemodal dan peminjam dana. Rentang pinjaman mulai dari Rp 10 juta sampai dengan Rp 2 miliar. Beberapa syarat meminjam modal, antara lain memiliki omset minimal Rp 20 juta per bulan, usaha berjalan 1 tahun, serta tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

  1. SyarQ

SyarQ merupakan platform Fin-Tech yang menawarkan keringanan pembayaran dalam belanja online. Setiap pengguna boleh membayar barang dengan sistem cicilan. Proses ini dilakukan tanpa kartu kredit. Syaratnya, Anda harus berbelanja di E-commerce mitra SyarQ, seperti Bukalapak, Lazada, dan Bhinneka.

  1. Investree

Investree adalah marketplace untuk pemodal dan pencari dana. Melalui situs ini, calon peminjam akan dipertemukan dengan investor. Bunga yang ditawarkan mulai dari 0,9% per bulan. Sistem pembayaran cicilan sangat mudah karena hanya perlu potong gaji. Selain itu, semua dokumen persyaratan dikirimkan secara online sehingga lebih cepat dan praktis.

  1. Koinworks

Koinworks memberikan pinjaman dana kepada masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Limit modal yang dipinjamkan mulai dari Rp 10 juta dengan tenor maksimal 2 tahun. Bunganya cukup murah, sekitar 0,75-1,2% per bulan. Namun, peminjam harus membayar biaya administrasi dan asuransi sebelum mencairkan dana dari situs ini.

  1. Cermati

Cermati merupakan situs yang menyediakan beragam produk finansial di Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, pengguna Cermati semakin bertambah. Rata-rata berada di rentang usia 20-40 tahun. Mereka mencari rekomendasi terbaik dari situs ini, seperti kartu kredit, pinjaman tanpa agunan, kredit rumah, hingga asuransi.

Itulah lima platform Financial Technology (Fin-Tech) yang mengusung konsep pemberian modal usaha. Diprediksikan, inovasi perbankan ini akan menggeser posisi bank konvensional beberapa dekade mendatang.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB