LogoDIGINATION LOGO

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB
Share
Ilustrasi self care (shutterstock)
Share

Siapa yang tidak ingin punya bisnis sendiri? Hampir semua orang mengimpikannya, memiliki usaha sendiri, sukses, beromzet besar dan dikenal banyak orang. 

Namun, untuk mencapai tahap ini bukanlah hal yang mudah dan instan. Butuh proses, tak jarang memakan waktu panjang. Apalagi diawal mendirikan bisnis, para entrepreneur berjuang, berkorban dan berkerja keras siang malam untuk menggerakkan bisnisnya dari titik nol hingga menghasilkan profit. 

Saking asyiknya memupuk bisnis, banyak entrepreneur melupakan satu kunci keberhasilan bisnis yaitu merawat diri atau self-care. Laporan dari perusahaan jasa profesional, PriceWaterhouseCoopers menemukan bahwa setiap lembar uang yang dikeluarkan untuk biaya perawatan diri sama dengan mengembalikan USD 14,5 atau sekitar Rp 200.000 untuk produktivitas di tempat kerja. 

Baca juga: Hey Startup, Inisiatif Itu Kadang Dimulai dari Kesendirian

Apa itu self-care?

Self-care atau perawatan diri didefinisikan sebagai tindakan menjaga dan mengelola kesehatan baik fisik, mental dan emosional. Merawat diri merupakan bentuk investasi yang tak ternilai dan merupakan bagian integral dari kesuksesan. 

Self-care membantumu merasa sehat dan siap untuk mengambil keputusan dan tanggung jawab. Selain itu dapat menyeimbangkan tekanan yang datang dari menjalankan bisnis.

Baca juga: Kunci Bagi Pendiri Startup: Pelototin Satu Hal Saja!

Ilustrasi self care (shutterstock)

Strategi menerapkan self-care untuk entreprenur sibuk

Tidak bisa dipungkiri mendirikan bisnis akan membuatmu super sibuk. Tapi harus diketahui bahwa dengan merawat diri akan membuatmu lebih siap secara mental, emosional dan fisik untuk menangani tuntutan bisnis. 

Investasikan masa depanmu dan kesuksesan bisnismu dengan mempraktikan self-care. Karenanya digination.id merangkum 7 langkah memulai self-care.

Miliki "me time" 

Lakukan hal yang kamu suka, membuat jurnal atau bahkan bermain game. Para pengusaha sukses selalu memasukkan "me time" dalam jadwal hariannya. Waktu ini dimanfaatkan untuk evaluasi dan menenangkan pikiran.

Reshma Saujani, CEO Girls Who Code, mengatakan bahwa "me time" selalu ada dalam jadwal hariannya. Me time selama setengah jam, ia manfaatkan untuk melakukan aktivitas yang ia suka diluar pekerjaan.

Pendiri microsoft, Bill Gates, memiliki ritual "think week" yaitu ritual menghabiskan akhir pekan di hutan dengan buku.

Baca juga: Mmm, Pilih Kerja atau Bisnis, Ya?

Time Out!

Lebih dari 50 persen founder bekerja lebih dari sembilan jam per hari dan 43 persen di antaranya masih harus bekerja pada akhir pekan. Faktanya, waktu-waktu ini tidak efektif untuk bekerja dan hanya membuatmu membuang-buang waktu saja. Akibatnya, kamu akan merasa kelelahan dan berisiko burn out.

Olahraga bisa jadi salah satu solusi yang bisa kamu pilih. Penelitian menunjukkan berolahraga secara teratur menjadi cara ampuh untuk mengelola stres dan meningkatkan performa kerja. Untuk sukses, kamu harus sehat luar dan dalam.

Baca juga: Istirahat Bukan Cuma Penting, Tapi Juga Bikin Makin Produktif

Keluar kandang, mencari koneksi

Terlalu fokus menumbuhkan bisnis, kadang membuatmu terisolasi dan hanya memiliki sedikit koneksi sosial. Keluarlah dari kandang sekarang juga, bertemu dengan orang-orang hebat lainnya. Jangan sungkan untuk meminta bantuan, menanyakan hal-hal di luar keahlianmu.

Cara ini efektif sebagai jalan cepat mencari solusi langsung dari ahli yang sudah berpengalaman. Manfaatkan koneksi, menyerap pelajaran, pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka lalui untuk mengembangkan bisnismu.

Kerja cerdas

Awali harimu dengan membuat rencana kegiatan. Bagaimana caranya? Pertama, buat daftar pekerjaan dan tentukan mana yang priotitas dan mana yang bisa ditunda. 

Ingat! Rencanakan kegiatan sesuai dengan urutan jam-jam terbaikmu, jika kamu lebih bersemangat di pagi hari, selesaikan tugas-tugas kompleks lebih awal dan kerjakan pekerjaan lain di sore hari. Memiliki rencana kegiatan akan menjagamu tetap fokus, terstruktur, dan terencana. 

Minimalisir gangguan, sekecil apapun gangguan dapat menyebabkan penurunan produktivitas hingga 40 persen. Jika perlu matikan handphonemu untuk konsentrasi penuh.

Baca juga: Kerjaan Lagi Hectic Bikin Stres? Ini Solusinya!

Ilustrasi self care (shutterstock)

Delegasikan tugas

Saat bisnismu sudah mencapai skala tertentu, coba untuk mencari sumber daya lain untuk mendelegasikan tugas. Merekrut orang baru atau membeli sistem tertentu menjadi investasi terbaik yang sarat akan manfaat. Waktu yang kamu punya lebih efisien dan kamu akan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Berteman dengan kegagalan

Tidak ada yang sempurna dalam menjalankan bisnis. Jangan buang waktu untuk menciptakan sesuatu yang sempurna. Setiap pengusaha sukses pasti pernah gagal. Belajar dari kesalahan menjadi bekal terbaik untuk masa depan.

Meminta Bantuan

Laporan Deloitte Access Economics menemukan 84 persen pekerja mengalami masalah kesehatan mental karena pekerjaan. Jika kamu mulai merasakan tanda-tanda mengalami stres atau gangguan kesehatan mental, segera cari bantuan atau menghubungi praktisi kesehatan. 

Semakin cepat kamu mencari pertolongan, semakin cepat juga kamu dan bisnismu kembali ke jalur kesuksesan.

Ingat! Kesehatan dan kebahagiaan adalah prioritas utama dan merupakan investasi yang tak ternilai. Jika kamu sehat fisik dan mental, produktivitasmu juga meningkat. Inilah kunci kesuksesan bisnis yang sebenarnya.

Baca juga: 3 Cara Jitu Liburan Produktif Bagi Enterpreneur

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Shopify, addicted2success, Growthlab
TAGS
RECOMMENDATION

3 Formula Sukses Mark Cuban

Kesuksesan merupakan sebuah hal yang banyak dicita-citakan oleh hampir semua orang

Senin, 16 Juli 2018 | 02:42 WIB

3 Langkah Terbaik Ubah Stress Jadi Sukses

Hampir semua orang pernah mengalami stres. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa stres bisa menjadi motivasi untuk lebih produktif.

Minggu, 20 Januari 2019 | 13:05 WIB
LATEST ARTICLE

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB