LogoDIGINATION LOGO

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB
Share
Ilustrasi memilih funding (shutterstock)
Share

Tidak bisa dipungkiri bahwa modal adalah masalah utama yang harus dihadapi para founder di awal pendirian startup. Karenanya fase pendanaan adalah langkah krusial dalam strategi pengembangan sebuah startup. 

Dalam memilih dan mencari sumber pendanaan pun ternyata tidak mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Itulah mengapa, kamu harus memiliki rencana yang jelas tentang apa yang ingin kamu cari, di mana mencarinya dan apa saja hal yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. 

Namun di titik ini juga banyak potensi kesalahan yang mungkin kamu lakukan dan bisa merusak semua rencana pendanaan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus kamu hindari.

1. Mengidentifikasi investor tanpa melakukan riset

Investor tidak hanya menawarkan suntikan dana tetapi juga koneksi dan bimbingan yang sangat kamu butuhkan untuk mengembangan startupmu. Karenanya untuk meningkatkan peluang mendapatkan pendanaan, kamu perlu melakukan riset dan mempelajari kriteria yang diinginkan investor tersebut.

Sebelum membuat keputusan, investor akan mencari tahu seluk beluk startupmu. Mulai dari mencari tahu siapa audiance dan pasar yang kamu targetkan, memiliki potensi meningkatkan pendapatan atau tidak, dan lain-lain. Selain itu, investor juga ingin tahu tentang kamu, sebagai founder, apakah bisa menjadi CEO yang kuat.

Baca juga: Ketemu Investor? Jangan Pernah Ucapkan 5 Kalimat Ini!

Ilustrasi bertemu investor (shutterstock)

2. Meminta dana terlalu sedikit atau terlalu banyak

Mendapatkan terlalu banyak pendanaan bisa melemahkan ekuitas, sebaliknya memperoleh terlalu sedikit pendanaan dapat mengancam keberlangsungan startup yang sedang kamu bangun. Lalu bagaimana menentukan angka yang pantas? Menebak-nebak nilai bisnis akan terasa spekulatif, pertimbangkan untuk menggunakan bantuan dari luar, penasihat keuangan.

Drew Gerber, seorang serial entrepreneur mengatakan bahwa seorang entrepreneur setidaknya butuh waktu 6 bulan untuk menentukan fix cost yang ia diperlukan sebelum meluncurkan bisnisnya.

Mulai sekarang, hitung berapa nilai startupmu, dan jelaskan alasannya kepada investor sebagai suatu penawaran yang menarik.

Baca juga: Lagi Cari Dana Untuk Startupmu? Ini Caranya...

Ilustrasi pitching (shutterstock)

3. Menjual kepada orang yang salah

Dalam tahap perencanaan, seorang founder akan mengatakan bahwa produknya hanya ditargetkan untuk audiance yang membutuhkannya saja. Namun seiring berjalannya waktu, prinsip ini sulit untuk dipertahankan, karena tergoda menarik pasar yang lebih luas, perubahan produk pun dilakukan.

Vijay Sajja, founder dan CEO Evergent, menyarankan untuk tidak melakukan hal tersebut. "Mungkin akan sulit menerima kenyataan jika penjualan menurun, tetapi lebih baik perusahaanmu tetap menjual produk kepada pelanggan yang membutuhkan sesuai rancangan awal. Mereka akan bersedia membayar lebih banyak karena produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya."

Tingkatkan peluang keberhasilan startupmu memperoleh pendanaan dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas. Jangan cemas berhadapan dengan investor, berikan tawaran terbaikmu dengan ide brilianmu. Semoga berhasil!

Baca juga: Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes, We Work
TAGS
RECOMMENDATION

Fasilitasi Startup, Bekraf Gelar 'Get Funded'

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan

Kamis, 1 Maret 2018 | 06:54 WIB

Ini 4 Aturan Dasar Crowdfunding

Sebelum melakukan kampanye penggalangan dana secara terbuka di media sosial, kamu harus tahu beberapa aturan dasarnya. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kamis, 31 Januari 2019 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB