LogoDIGINATION LOGO

Mau Bikin Startup Tapi Kepentok Modal? Crowdfunding Aja!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 13 Maret 2019 | 15:00 WIB
Share
Ilustrasi crowdfunding (shutterstock)
Share

Punya ide brilian untuk bikin startup, tapi belum juga jalan karena kepentok modal? Nggak perlu bingung, di zaman serba canggih seperti saat ini, banyak situs pengumpul dana atau disebut juga crowdfunding yang bisa dimanfaatkan.

Crowdfunding pada dasarnya adalah penggalangan dana bersama dari publik berbasis internet. Crowdfunding intinya meminta dukungan masyarakat agar secara kolektif berinvestasi mewujudkan idemu.

Tak hanya mendapatkan modal usaha, crowdfunding dapat menjadi alat publikasi efektif untuk memperkenalkan ide-ide kreatifmu ke banyak orang. Jika berminat melakukan crowdfunding, berikut beberapa situs terbaik yang digination.id rangkum untukmu.

1. Kickstarter

Kickstarter adalah salah satu platform crowdfunding paling populer saat ini. Sejak diluncurkan pada 2009, Kickstarter telah mendanai lebih dari 165.000 proyek, termasuk proyek film, games dan sebagainya. Total sudah USD 4,1 miliar dana yang berhasil dikumpulkan.

Kickstarter menggunakan prinsip all or nothing, yang berarti kamu hanya bisa mengakses dana ketika tujuan penggalanan dana tercapai. Jika gagal, maka semua uang kembali di tangan para penggalang dana. 

Baca juga: Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

2. Indiegogo

Indiegogo merupakan platform crowdfunding untuk mendukung musisi, bisnis dan badan amal. Berbeda dengan Kickstarter, Indiegogo hadir dengan fitur unik dan memiliki opsi kampanye.

Perbedaan yang paling menonjol adalah adanya pilihan untuk memilih tujuan tetap pendanaan (di Kickstarter bernama all or nothing) dan tujuan pendanaan fleksibel. Dengan tujuan pendanaan fleksibel atau flexible funding goals, kamu bisa menerima dana terlepas apakah tujuan tercapai atau tidak pada tenggat waktu tertentu.

3. Fundable

Ilustrasi fundable (merchantmaverick.com)
Fundable adalah bagian dari Startup.co, merupakan salah satu situs crowdfunding yang cocok untuk bisnis kecil dan startup. Sebagai imbalan pendanaan, fundable menawarkan ekuitas.

Diketahui platform ini telah memiliki 23.000 investor aktif dan menaungi 200 perusahaan sekaligus. Untuk berhasil didanai, kamu harus memiliki rekam jejak yang baik dan rencana bisnis yang solid untuk mengambil hati investor.

Baca juga: Ketemu Investor? Jangan Pernah Ucapkan 5 Kalimat Ini!

4. Crowdcube

Crowdcube adalah platform crowdfunding ekuitas yang berbasis di Inggris. Walaupun jumlah kampanye yang tersedia relatif sedikit, tetapi perusahaan yang disetujui dan berhasil mencapai tujuan pengalangan dana mendapat kesempatan untuk bergabung dengan "Funded Club" oleh Crowdcube. Jika bergabung, kamu dapat memperoleh berbagai keuntungan ekslusif dari mitra Crowdcube.

5. Crowdfunder

Satu lagi platform crowdfunding ekuitas adalah Crowdfunder. Melalui Crowdfunder kamu bisa mengumpulkan modal dari para nvestor terakreditasi. Jaringannya mencakup lebih dari 12.000 pemodal ventura dan angel investor yang saling terhubung.

Berbeda dengan situs crowdfunding biasanya yang mengambil biaya persentase dari dana yang dikumpulkan, Crowdfunder menawarkan paket bulanan dengan biaya USD 299 per bulan.

Platform ini ideal untuk startup yang sudah sampai tingkat validasi dan terbukti memiliki potensi untuk tumbuh. Penawaran bisa dibuat sebagai ekuitas, utang, catatan konversi dan bagi hasil.

Nah, kamu mau pilih yang mana?

Baca juga: Temukan Angel Investor di Sini...

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Shopify, The Balance SMB
TAGS
RECOMMENDATION

5 Tahapan Pendanaan Startup

Bagi yang baru mengenal dunia startup, istilah yang digunakan di setiap tahap pendanaan mungkin membingungkan

Rabu, 18 Oktober 2017 | 04:55 WIB

Apa Arti Kesuksesan Bagi Elon Musk?

Terdapat banyak perusahaan yang sukses di luaran sana, tak terkecuali perusahaan Tesla yang mendulang kesuksesan dari kendaraan listrik yang menjadi fokus utamanya

Senin, 25 Juni 2018 | 05:46 WIB
LATEST ARTICLE

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB