LogoDIGINATION LOGO

5 Tahapan Pendanaan Startup

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 18 Oktober 2017 | 04:55 WIB
Share
Bagi yang baru mengenal dunia startup, istilah yang digunakan di setiap tahap pendanaan mungkin membingungkan
Share

Bagi yang baru mengenal dunia startup, istilah yang digunakan di setiap tahap pendanaan mungkin membingungkan. Namun, pemahaman tentang tahapan pendanaan sangat penting jika Anda ingin serius mengembangkan startup dan menarik investor. Berikut adalah 5 tahap pendanaan startup seperti disadur dari Tech Day (Rabu, 18/10);

1. Seed Capital

Ini adalah tahap awal bagi startup yang baru didirikan. Sumber dana bisa berasal dari kocek pribadi atau crowdfunding. Tujuan pendanaan di tahap ini difokuskan pada riset dan pengembangan langkah startup selanjutnya.

2. Angel Investor

Seiring dengan semakin berkembangnya sebuah startup, dana yang dibutuhkan pun juga semakin meningkat dan tidak bisa hanya mengandalkan dana pribadi sehingga memerlukan pihak kedua sebagai penanam modal yang disebut dengan istilah Angel Investor.

Angel Investor adalah pemilik modal yang memiliki kekayaan bersih sedikitnya USD 1 juta dan pendapatan tahunan paling sedikit USD 200.000 per orang atau USD 300.000 bersama dengan pasangan. Pada tahap ini, sebuah startup sudah mulai dikenal media dan masyarakat.

3. Venture Capital (VC)

Pada tahap ketiga ini, startup yang potensial akan didanai oleh Venture Capital (VC) yang biasanya berasal dari beberapa investor sekaligus dan memiliki jaringan yang luas di dunia startup. Tahapan VC menawarkan peningkatan skala bisnis, segmen pelanggan, dan jangkauan pemasaran.

4. Mezzanine Financing & Bridge Loans

Pada tahap ini, startup telah memiliki pendapatan yang teratur. Dana yang terkumpul pada tahap ini diarahkan untuk ekspansi ke pasar baru, merger, akuisisi, atau mempersiapkan IPO. Investor pada tahap ini ingin melihat roadmap yang jelas menuju kenaikan keuntungan secara signifikan.

5. IPO (Initial Public Offering)

Pada tahap ini, startup telah go public dan sahamnya telah diperjual belikan di bursa saham.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Tech Day
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB