LogoDIGINATION LOGO

20 Aplikasi Smart City & Smart Urban Terbaik Masuk Final The NextDev 2017

author Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 27 Oktober 2017 | 11:03 WIB
Share
Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis The NextDev 2017 yang akan bersaing dalam putaran final
Share

Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis The NextDev 2017 yang akan bersaing dalam putaran final. Keduapuluh finalis yang merupakan startup lokal dari berbagai daerah di Indonesia berhasil menyisihkan sekitar 1.700 peserta yang terdaftar dalam kompetisi The NextDev 2017 sejak Juli sampai Oktober 2017.

“Momen Sumpah Pemuda tahun ini kami gunakan untuk mempertegas kembali tema The NextDev yaitu ‘Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia’. 20 finalis yang kami umumkan hari ini adalah anak-anak muda Indonesia yang berkarya dan berkreasi memanfaatkan teknologi, guna memberikan dampak sosial positif di tengah-tengah masyarakat,” kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel, di Jakarta, Jumat (27/10).

Ia menambahkan, di tahun ketiga pelaksanaan The NextDev, terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap perubahan yang lebih baik melalui karya yang mereka lahirkan.

Penilaian juri terhadap 20 peserta terbaik didasarkan lima komponen, yaitu problem, solution, business model, readiness level, dan visualization. Dalam komponen problem, peserta dinilai berdasarkan konteks permasalahan sosial yang ingin dipecahkan, sisi komponen solution menilai keterkaitan antara produk aplikasi/web sebagai sebuah solusi dengan dampak sosial bagi masyarakat yang dihadirkan.

Dari sisi komponen business model juri menilai desain dari bisnis untuk melihat potensi keberlanjutan startup kontestan di masa depan. Kemudian sisi readiness level menilai tingkat kesiapan aplikasi startup, sedangkan komponen visualization menilai tampilan pitch deck dan prototype aplikasi/web.

Para finalis dipilih oleh juri-juri praktisi dan pakar berpengalaman sesuai dengan sub tema yang ditentukan dalam The NextDev 2017, di antaranya adalah agrikultura, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Berikut daftar 20 Finalis The NextDev 2017 berdasarkan kategori.

Kategori Kesehatan

- Medicaboo (Pekanbaru)

- Comrades (Bandung)

- Siab Siaga (Surakarta)

- Lactashare (Malang)

- CekMata (Surabaya)

- I Care Indonesia (Jakarta)

 

 Kategori Pendidikan

- Squline (Jakarta)

- Qeedee (Depok)

- Kapiler (Depok)

- EduBraille (Surabaya)

 

 Kategori Agrikultura

- Karapan (Surabaya)

- Kopitani.ID (Makassar)

- Pak Tani Digital (Medan)

- Lindungi Hutan (Semarang)

- Bantu Ternak (Yogyakarta)

- Growpal (Surabaya)

 

Kategori Transportasi

- Marlin Booking (Batam)

- Botika (Yogyakarta)

- Share Trans (Denpasar)

- Go Bandung Disiplin (Bandung)

 

Selanjutnya, finalis yang lolos akan mengikuti kegiatan mini bootcamp pada 19 November 2017, dimana mereka akan memperoleh UI/UX Technical workshop, Go To Market workshop, dan Pitching Investment workshop.

Setelah mini bootcamp, para finalis akan mengikuti tahapan seleksi final yaitu Final Pitching di hadapan para juri serta Investor Meet Up di mana mereka akan dipertemukan dan berinteraksi dengan berbagai investor.

Dalam seleksi final akan terpilih 4 pemenang  yang akan diumumkan pada November 2017 mendatang. Pemenang The NextDev 2017, yang akan memperoleh hadiah utama berupa 7M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait), dan Match Expert sesuai dengan kebutuhan untuk scale up startup.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE