LogoDIGINATION LOGO

3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Kamis, 21 Februari 2019 | 16:15 WIB
Share
Ilustrasi tawaran pekerjaan (shutterstock)
Share

Setelah berbulan-bulan sibuk mencari pekerjaan, akhirnya tawaran pekerjaan datang. Apalagi tawaran datang dari perusahaan impian, tentu sangat menyenangkan dan ingin langsung membalas "Ya, saya bersedia" seketika itu juga.

Eits, jangan terburu-buru menerimanya. Cobalah menahan diri. Lakukan sejumlah pengecekan dan carilah informasi terkait tawaran tersebut. Pertimbangkan 3 hal penting ini sebelum menerimanya...

1. Gaji

Gaji merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum menerima tawaran pekerjaan karena dapat menunjang kesejahteraan. Semakin hari kebutuhan akan semakin banyak dan untuk mencapai goals yang kamu rencakan, kadang butuh biaya yang tak sedikit. Karenanya kamu perlu memikirkan gaji dan tunjangan yang akan diterima dari perusahaan tersebut.

Pelajari lebih detil terkait paket gaji yang diberikan. Tunjangan seperti kesehatan, transportasi, pensiun, uang makan dan lain sebagainya jangan sampai terlewat untuk dihitung juga.

Baca juga: Perusahaan Jepang Ini Berencana Gaji Karyawan dengan Bitcoin

Ilustrasi menerima gaji (shutterstock)
2. Goals

Sebelum meniti karier tentukan dulu goals apa yang ingin kamu capai. Mengapa? Agar saat menjawab tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan, kamu bisa mempertimbangkan apakah pekerjaan tersebut dapat menunjang tujuan kariermu di masa depan atau tidak. 

Pastikan bahwa pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang kamu inginkan, bukan sebagai pelarian saja. Setiap pekerjaan yang kamu pilih akan membentuk reputasi dan menentukan jalan kariermu di masa depan. 

Baca juga: Karier Apa Yang Cocok Untukmu?

3. Beban kerja

Mendapatkan tawaran kerja apalagi di perusahaan impian tentu menyenangkan. Namun sebelum menerimanya, tanyakan dulu kepada divisi SDM  terkait tugas yang harus dikerjakan. Dengan mengetahuinya, kamu akan memperoleh gambaran pekerjaan sehari-hari. Selain itu kamu juga bisa mulai mengukur kinerjamu, apakah dapat memuaskan perusahaan atau tidak. Karena untuk meniti karier, bukan hanya tentang apa yang kantor dapat berikan, tapi juga bagaimana kamu bisa mempersembahkan kinerja terbaikmu pada perusahaan.

Siap menerima tawaran kerjamu?

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Kariermu Moncer di 2019!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: CNBC, The Balance Careers
TAGS
RECOMMENDATION

3 Formula Sukses Mark Cuban

Kesuksesan merupakan sebuah hal yang banyak dicita-citakan oleh hampir semua orang

Senin, 16 Juli 2018 | 02:42 WIB
LATEST ARTICLE

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB