LogoDIGINATION LOGO

Karier Apa Yang Cocok Untukmu?

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 6 Februari 2019 | 11:49 WIB
Share
Ilustrasi memilih karier (shutterstock)
Share

Memilih sebuah pekerjaan tidak melulu tergantung pada gaji. Kalau masih bingung ingin meniti karir di mana, cara yang terbaik adalah pilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan kepribadian yang kamu miliki. 

Memiliki pekerjaan sesuai passion merupakan cita-cita banyak orang. Bagaimana tidak, dengan hal tersebut kamu bisa bekerja dengan penuh semangat, enjoy dan tentu hasilnya akan maksimal dibandingkan jika bekerja dengan terpaksa.

Nah, untuk kamu yang masih bingung, berikut 4 kriteria memilih pekerjaan yang tepat ditinjau dari berbagai macam kriteria. Cekidot, yah...

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Dapatkan Pekerjaan Impianmu!

 

1. Sesuai dengan minat 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kriteria pertama yang harus terpenuhi adalah mencari pekerjaan berdasarkan minat atau passion. Bekerja di bidang yang diminati tentu hasilnya akan maksimal. Jangan berpikir tentang pekerjaan yang paling diinginkan semua orang dan yang memberikan bayaran paling tinggi. Melakukan hal itu hanya akan mengarahkanmu pada jalan karier yang salah.

2. Identifikasi skill

Setiap pekerjaan membutuhkan skill yang berbeda-beda. Karenanya, coba cari tahu bidang-bidang mana yang kamu kuasai dan tuliskan dalam daftar. Hal ini dapat membantumu menemukan pekerjaan terbaik. Tidak hanya itu, mengetahui skill juga akan mengantarkanmu pada jenjang karier jangka panjang.

Baca juga: Ini 5 Pekerjaan Ideal Buat Kamu yang Introvert

3. Mengetahui gaya bekerja

Karier yang tepat adalah yang sesuai dengan gaya bekerja. Apakah kamu lebih suka bekerja sendiri atau tim, membutuhkan disiplin kerja yang struktur atau santai, dan lain-lain. Cari tahu mana gaya yang paling cocok untukmu, sebelum memutuskan karier. Gaya kerja mempengaruhi pekembangan kariermu ke depan. 

4.  Identifikasi tujuan karier

Temukan tujuan apa yang ingin kamu raih saat berkarier. Identifikasi tujuan jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka panjang adalah tujuan yang ingin diraih dalam waktu 3 hingga 5 tahun. Sedangkan tujuan jangka pendek membutuhkan waktu 6 bulan sampai 3 tahun untuk tercapai. Tujuan yang sudah ditetapkan akan membantumu sukses dalam karier pilihanmu.

Nah, sudah kebayang, kan, kamu mau bagaimana?

Baca juga: Ternyata Begini Permulaan Karier Orang Terkaya di Dunia...

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: USA Today, Work Chron
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE