LogoDIGINATION LOGO

3 Kebiasaan Boros Ini Harus Segera Kamu Tinggalkan!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 20 Februari 2019 | 08:15 WIB
Share
Generasi milenial (shutterstock)
Share

Generasi milenial katanya dikenal sebagai generasi yang suka berutang. Tuntutan untuk terus terlihat kekinian membuat banyak yang memilih jalan pintas untuk berutang daripada harus menabung atau berinvestasi. Bahkan menurut riset, rata-rata orang Amerika berusia antara 25-35 tahun berutang hingga USD 42.000. Statistik menunjukkan bahwa generasi ini lebih banyak menghabiskan uang pada hal-hal yang tidak penting dan cenderung pemborosan demi gaya hidup.

Kevin O'Leary, co-founder Softkey Internasional, penerbit dan distributor software berbasis CD-ROM sekaligus panelis reality show bisnis Shark Tank, menyatakan ada 3 kebiasaan belanja milenial yang harus segera dihentikan agar tidak terjebak dalam lingkaran pemborosan ini. Apa saja, ya?

1. Kopi

"Kebiasaan membeli kopi seharga USD 4 adalah pemborosan. Sebenarnya jika mau membuatnya sendiri, kamu hanya butuh 8 sen. Selisihnya bisa ditabungkan dan digunakan untuk membayar utang," kata O'Leary seperti dilansir dari CNBC.

Aplikasi investasi pribadi Acorns juga menemukan hal yang sama bahwa milenial lebih suka menghabiskan uang untuk membeli minuman di gerai kopi daripada menabung. Pada 2018 rata-rata orang Amerika menghabiskan sekitar USD 1.100 per tahun hanya untuk kopi, atau sekitar USD 92 per bulan.

Baca juga: Jangan Pusing, Ini 5 Cara Memperlakukan Millenials di Tempat Kerja

2. Sepatu

"Hal kedua adalah sepatu," kata O'Leary. "Sebenarnya tidak perlu memiliki lebih dari 4 pasang sepatu. Kamu hanya butuh sepasang sendal dan 2 pasang sepatu. Adalah pemborosan jika membeli sepatu lebih dari itu, karena kamu juga akan jarang memakainya."

Perusahaan ritel sepatu DSW menemukan pada tahun 2018, 75% perempuan di AS memiliki lebih dari 20 pasang sepatu, sementara rata-rata pria memiliki 12 pasang. CreditDonkey, aplikasi pembanding kartu kredit melaporkan rata-rata orang membeli 7,8 pasang sepatu per tahun.

Psychology Today juga menemukan dari semua pasang sepatu yang dimiliki, kebanyakan orang hanya memakai 3-4 kali saja.

Baca juga: Resep Bisnis dari 3 Milenial Indonesia yang Masuk Daftar 30 Under 30 Forbes!

3. Jeans

O'Leary percaya bahwa memiliki 3 celana jeans sudah cukup. 

"Kamu hanya butuh 3 potong jeans, satu berwarna hitam, putih dan denim. Jika memiliki lebih, itu adalah pemborosan," ujarnya.

Saat ini, sepasang jeans rata-rata harganya USD 60 atau sekitar Rp 800 ribu. Berarti rata-rata orang menghabiskan sekitar USD 38,5 juta hanya untuk celana setiap hari atau USD 14 miliar per tahun, menurut website keuangan pribadi, Howstuffworks.com.

Untuk pakaian secara umum rata-rata orang dewasa berusia 25-34 tahun menghabiskan USD 161 per bulannya.

Baca juga: Pikat Milenials dengan Trik Ini

Jenas (shutterstock)
Hemat, hemat, hemat...

Ketiga kebiasaan buruk tersebut harus segera kamu tinggalkan mulai sekarang. Dengan hanya mengikuti tips di atas, kamu bisa menghemat hingga 10% gaji. Daripada hanya membuang uang tidak penting lebih baik diinvestasikan ke pasar model.

"Investasi akan memberikanmu keuntungan hingga 7% per tahun," tambah co-founder Softkey Internasional ini. "Gaji rata-rata orang Amerika adalah USD 58.000. jika kamu menabung 10% saja setahun, kamu akan memiliki USD 1,25 juta saat usiamu 65 tahun."

Bisa, kan?

Baca juga: Jangan Cuma Hemat, Belanja Online Juga Harus Cerdas

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: CNBC, How Stuff Works
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB