LogoDIGINATION LOGO

Kerja dengan Gembira? Begini Caranya!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Sabtu, 5 Januari 2019 | 15:00 WIB
Share
Ilustrasi bekerja gembira (shutterstock)
Share

"Lingkungan kerja yang menyenangkan adalah salah satu unsur terpenting dalam kesuksesan kerja perusahaan," kata Richard Branson, pendiri Virgin Group seperti dilansir dari Entrepreneur

Lingkungan kerja yang positif tentu mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Semakin menyenangkan lingkungan kerja, karyawan akan betah, dan kreativitas pun dapat mengalir lancar. Pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan. 

Namun, bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan? Ada 4 cara yang dapat kamu lakukan:

1. Membuat kompetisi dan bermain game

Karyawan adalah aset utama perusahaan. Karenanya, kenyamanan dan kebahagiaan karyawan merupakan aspek penting. Untuk membuat nyaman ternyata nggak susah karena banyak yang bisa dilakukan. Pun tanpa harus keluar kantor dan bujet yang besar. Lha, bagaimana caranya?

Adakan kompetisi antar divisi secara rutin tiap bulannya dengan memainkan game-game sederhana seperti tebak gaya, rebut kursi, tebak suara dan lain sebagainya. Kompetisi ini mampu memompa semangat karyawan dan meningkatkan kerjasama tim. Plus, dapat merefresh pikiran dari penatnya pekerjaan.

Baca juga: Ini Dia Video Game Terbaik 2018. Sudah Main?

Ilustrasi bermain game di kantor (shutterstock)
2. Memberikan penghargaan

Merayakan keberhasilan dengan memberikan penghargaan adalah bentuk apresiasi bagi karyawan. Setiap kali prestasi tercapai, perusahaan perlu untuk membuat perayaan. Tidak harus dibuat mewah, cukup dengan perayaan kecil seperti pemberian bonus, promosi atau hanya pengakuan. 

Jangan salah, perayaan kecil ini bisa membuat dampak besar, lho. Ini akan membuat karyawan merasa dihargai atas jerih payah yang sudah ia lakukan.

3. Merayakan hari istimewa

Ketika kamu berulangtahun, perusahaan dan rekan kerjamu memberikan ucapan, tentu sangat menyenangkan. Kamu merasa dirimu dihargai, diakui dan terikat dengan perusahaan. Merayakan hari istimewa, juga dapat membangun suasana kekeluargaan di kantor.

Baca juga: Presiden Apresiasi Inovasi Digital Karya Milenial

Ilustrasi olahraga di kantor (shutterstock)
4. Sport day

Untuk meningkatkan kehangatan dalam perusahaan, coba adakan sport day. Kegiatan ini bisa mengakrabkan karyawan satu sama lain, sekaligus sehat bersama. Menjaga kesehatan tentu hal penting dalam pekerjaan. Olahraga seperti jogging, zumba, atau yoga bisa jadi pilihan.

5. Mengadakan acara di luar kantor

Sebulan sekali lakukan kegiatan bersama dengan karyawan kantor, misalnya berkaraoke, makan bersama, atau mengadakan kegiatan outbond. Aktivitas di luar kantor ini akan membawa aura positif bagi perusahaan.

Apa kantormu sudah menyenangkan?

Baca juga: Ternyata Bisa, Liburan Tapi Tetap Produktif!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Business Insider, Entrepreneur, Forbes
TAGS
RECOMMENDATION

7 Tips Menata Meja Kerja di Rumah

Menata meja kerja di rumah bermanfaat salah satunya agar kamu fokus pada pekerjaan. Berikut ini 7 tips menatanya agar kerja dari rumah jadi lebih bersemangat.

Jumat, 26 Oktober 2018 | 14:04 WIB

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB