LogoDIGINATION LOGO

Fakta Menarik Batik dan Ekonomi Digital Indonesia

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 2 Oktober 2017 | 10:42 WIB
Share
Selamat Hari Batik Nasional! 2 Oktober 2017 hari ini, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional
Share

Selamat Hari Batik Nasional! 2 Oktober 2017 hari ini, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Perayaan ini diperingati sejak Unesco secara resmi menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Batik memiliki berbagai motif dan corak unik yang tersebar di Nusantara, masing-masing daerah pun memiliki ciri khas tersendiri. Kini batik tak hanya sebatas sebagai produk sandang saja, tapi dikembangkan menjadi produk kreatif lainnya.

Beberapa produk diberi sentuhan batik terbukti semakin membuat produk tersebut memiliki nilai tambah. Batik kini bisa ditemui pada produk kerajinan, tas, sepatu, furniture, dan berbagai karya lainnya.

Para pelaku industri batik (UKM) kini pun membuat berbagai inovasi produk dan memasarkan barang dagangannya melalui media digital. Tingginya minat terhadap batik terbukti dari nilai ekspor batik dan produk batik di Indonesia pada Semester 1 yang menyentuh angka Rp528 Miliar. Berikut fakta-fakta menarik seputar batik dan ekonomi digital di Indonesia.

Batik Punya Nilai Ekonomi Tinggi

-

-

-

-

-

-

Pemasaran Batik di Era Ekonomi Digital

-

-

-

-

-

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE