LogoDIGINATION LOGO

Butuh Modal Bisnis? Mendapat Pendanaan Kini Semakin Mudah dan Praktis

Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 15 September 2017 | 06:26 WIB
Share
Memiliki bisnis sendiri kini bisa dilakukan siapa saja
Share

Memiliki bisnis sendiri kini bisa dilakukan siapa saja. Tanpa harus memiliki asset, bisnis online pun bisa berjalan dengan memanfaatkan platform e-commerce atau media sosial. Namun, mencari pendanaan tidak selalu berjalan mulus apalagi jika ingin melakikan ekspansi bisnis dan butuh tambahan modal.

Cara-cara terkini untuk mendapat pendanaan bisnis dikupas dalam acara Bussiness Talk Forum “Show Me The Money! 5 Ways To Get Funding For Your Startups Ideas and Tips to Collaborate with Retailers” di FX Sudirman, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Dalam sesi talkshow Astrid Hendrawati, Co-Founder Rumah Remedi, mengatakan kesempatan bisnis bisa dimiliki siapa saja. “Tidak ada batasan yang dapat menghalangi diri untuk mendapatkan dan memiliki yang lebih,” katanya.

Akses pendanaan pun bisa diperoleh melalui bank dengan syarat tertentu. Namun, terdapat cara-cara alternatif seperti menggunakan platform peer-to-peer lending atau situs permodalan online.

“Usaha harus telah berjalan selama 3 tahun untuk mendapatkan pinjaman. Namun, tidak perlu khawatir jika usaha belum berjalan selama 3 tahun. Banyak instrumen perbankan lain yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan usaha,” jelas Alto Belli, Area Head Permata Bank SME.

Lismiyani selaku Microfinancing Unit Micro Bank Mandiri, memberikan tips untuk mudah mendapatkan pinjaman usaha. “Syarat pembiayaan adalah usaha sudah harus berjalan 2–3 tahun, tetapi bukan selalu yang sudah terlihat secara fisik,” ujarnya.

Ia menambahkan jika memang sudah diawali sebagai online shop, juga dapat menjadi pertimbangan dari bank, tetapi  pastikan untuk menjaga pembukuan selalu rapi. Online shop juga bisa mencoba mencari alternatif pendanaan lainnya.

Menanggapi hal ini, Christy Souisa, Senior Relationship Manager Modalku, menyampaikan bahwa peer to peer lending hadir sebagai complementary bank. Usaha yang baru berjalan dapat mencoba untuk mendapatkan pinjaman melalui Modalku, sebelum pada akhirnya semakin berkembang dan mendapatkan pinjaman dari bank,” tutup Christy.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB