LogoDIGINATION LOGO

Mendulang Rupiah Lewat Industri Digital. Mau?

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 18 Agustus 2017 | 05:47 WIB
Share
Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dalam satu dekade terakhir ternyata membawa dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat dunia, terutama di bidang bisnis
Share

Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dalam satu dekade terakhir ternyata membawa dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat dunia, terutama di bidang bisnis. Hal ini terlihat dari makin menjamurnya platform usaha online yang menawarkan aneka produk, tidak hanya barang, tapi juga jasa.

Salah satu penyebab makin menggeliatnya industri digital tersebut tentu saja adalah permintaan pasar. Tingginya mobilitas masyarakat saat ini diiringi dengan makin banyaknya permintaan akan mudahnya akses pemenuhan kebutuhan mereka, baik yang sifatnya primer maupun sekunder.

Lebih dari 60% pengguna internet adalah orang dewasa yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Pun karena keterbatasan waktu, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan segala sesuatu lewat smartphone-nya, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut tentu merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk Anda yang punya ketertarikan khusus di dunia industri digital.

Kunci Sukses di Industri Digital

Kunci utama yang bisa Anda pegang jika ingin sukses di industri digital adalah menyesuaikan jenis usaha dengan selera dan permintaan pasar. Semakin usaha Anda bisa menyelesaikan “masalah” dan kebutuhan masyarakat, makin besarlah peluang Anda untuk sukses di bidang tersebut. Jadi, jangan malas untuk terus berinovasi dan melakukan survei pasar demi suksesnya usaha yang sedang dilakoni.

Jeli Membidik Target

Survei pasar dan inovasi saja belum cukup jika Anda tak jeli menembak target. Untuk itu, buat pemetaan secara jelas mengenai segmen pasar yang menurut Anda potensial. Menentukan konsumen yang akan dibidik juga akan sangat berguna bagi Anda dalam menentukan jenis produk, desain, cara pemasaran, harga, sampai sistem pelayanannya.

Misalnya, Anda tertarik untuk berbisnis yang target utama pemasarannya adalah pegawai atau pengusaha mapan berusia 30-an tahun ke atas. Dari situ, Anda bisa mendapat ide untuk mengembangkan bisnis di bidang, misalnya, investasi properti berupa kredit pemilikan rumah (KPR) yang dipasarkan lewat platform online.

Industri digital merupakan ladang usaha yang sangat dinamis. Asal mau telaten, terus berinovasi, dan pantang menyerah, sukses bukan menjadi hal yang mustahil. Anda tertarik mencoba?

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB