LogoDIGINATION LOGO

4 Implementasi IBM Watson Analytics Dalam Industri Kesehatan

Oleh Alfhatin Pratama Senin, 6 Agustus 2018 | 06:34 WIB
Share
Bidang kesehatan merupakan industri yang keberhasilannya bergantung pada diagnosis dan keputusan perawatan yang tepat
Share

Bidang kesehatan merupakan industri yang keberhasilannya bergantung pada diagnosis dan keputusan perawatan yang tepat. Banyak permasalahan dalam bidang kesehatan yang harus dihadapi, antara lain kesalahan penanganan resep medis, adanya penyakit langka, kurangnya konektivitas pasien terhadap pengobatan, dan meningkatnya kapasitas data pasien.

IBM Watson Analytics – layanan analisis dan visualisasi data cerdas di cloud yang membantu siapa saja dengan cepat menemukan pola dan makna dalam data mereka telah diimplementasikan secara signifikan pada bidang kesehatan. Hal ini untuk membantu pasien dan praktisi kesehatan profesional dalam menghadapi tantangan di atas.

Berikut 4 implementasi IBM Watson Analytics dalam bidang kesehatan…

Peningkatan Kinerja Organisasi

Dengan semakin banyaknya pasien dalam industri kesehatan, semakin besar juga resiko perawatan yang kurang tepat. Kekurangan tenaga kerja seringkali menjadi permasalahan. Penggunaan teknologi AI (Artificial Intellegence) mengurangi resiko yang dapat mengganggu kinerja organisasi. Teknologi ini, bekerja lebih cerdas dalam hal membuat rencana perawatan perorangan, ringkasan kesehatan, penggunaan sistem komputasi kognitif untuk manajemen perawatan kesehatan secara keseluruhan, dan lain sebagainya.

Manajemen Diabetes Efektif

Meningkatnya prevalensi dan kematian terkait diabetes, mendorong IBM Watson Health bekerja sama dengan Medtronic untuk meluncurkan Sugar.IQ, sebuah aplikasi kesehatan yang dapat membantu pasien untuk mengelola diabetes mereka secara efektif.

Baca juga:
Helopt, Aplikasi Pencatat Rekam Medis Online dan Gratis

Perawatan Onkologi Tingkat Lanjut

Menurut American Cancer Society, kasus kanker baru diperkirakan akan meningkat 70% selama dua dekade berikutnya di tengah kekurangan ahli Onkologi di seluruh dunia. Dengan penerapan komputasi kognitif, Watson mampu menganalisis puluhan juta keping data dalam hitungan beberapa detik dan mengidentifikasi 300 terapi alternatif, yang dapat membantu tim dokter. Penawaran Onkologi Watson juga tersedia untuk mendukung setidaknya 12 jenis kanker, mewakili 80% dari insiden kanker global.

Peningkatan Penemuan Obat-Obatan

Watson for Drug Discovery adalah asisten penemuan obat yang komprehensif untuk perusahaan farmasi dan alat medis, serta lembaga pendidikan. Teknologi AI ini memungkinkan para peneliti untuk mengidentifikasi target obat baru dengan cepat dan dapat mengubah cara-cara tradisional penemuan obat dengan memberikan terapi baru dalam waktu yang lebih singkat.

Kira-kira bisa diimplementasikan di Indonesia, tidak? Menurutmu?

Baca juga:
Aplikasi Ini Diklaim Bisa Bantu Hidup Sehat

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB