LogoDIGINATION LOGO

Mengenal 3 Perusahaan Teknologi Finansial Terbesar di Indonesia

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 18 Agustus 2017 | 03:23 WIB
Share
Pada tahun 2016, tercatat ada sekitar 140 perusahaan financial technology di Indonesia
Share

Pada tahun 2016, tercatat ada sekitar 140 perusahaan financial technology di Indonesia. Dengan kata lain, terdapat peningkatan sebesar 78% di angka tersebut dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Walaupun begitu, perkembangan perusahaan teknologi finansial ini menjadi seperti overlapping dan terkadang menciptakan fragmentasi di sisi pengguna.

Misalnya saja, terdapat perbedaan layanan antara pengguna uang tunai dan pengguna kartu kredit atau ­e-money. Belum lagi, banyaknya bank yang berlomba memberikan layanan serupa membuat pengguna bingung memilih produk yang terbaik. Adanya perusahaan financial technology seperti berikut sejatinya membantu pengguna untuk mengerti lebih jauh tentang produk yang ditawarkan oleh bank dan jasa keuangan.

Kartuku

Didirikan pada tahun 2001, Kartuku telah menjadi pionir dalam sistem pembayaran non-tunai. Melalui teknologi mesin EDC yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, Kartuku mendukung inovasi dalam perekonomian Indonesia.

Dengan teknologi secure payment atau keamanan dalam pembayaran, Kartuku membawa teknologi EDC yang bisa menerima seluruh kartu kredit dan debit dari semua bank di Indonesia. Demi memberikan pelayanan dalam alternatif pembayaran, mesin Kartuku telah hadir di berbagai merchant di Indonesia dan melayani lebih dari 50 juta transaksi setiap tahunnya.

Veritrans

Berbeda dengan Kartuku yang berfokus pada pembayaran antar bank dan melalui mesin EDC, Veritrans telah menjadi penyedia layanan pembayaran online di Indonesia. Dengan maraknya perkembangan jual beli online dan e-commerce di tanah air, Veritrans berusaha menyederhanakan proses pembayaran dengan menyatukan semua jenis e-money dan online payment.

Beberapa produk yang sudah terintegrasi adalah T-Cash dari Telkomsel, Brie Payments dari bank BRI, BCA KlikPay, XL Tunai dari XL, Mandiri ClickPay, CIMB Clicks, dan beberapa kartu kredit. Veritrans juga bekerja sama dengan bank ternama di Indonesia yaitu BCA, bank Mandiri, CIMB Niaga, BRI, BNI, dan bank Permata.

Cermati

Berangkat dari tujuan utamanya yaitu mengedukasi rakyat Indonesia mengenai hal-hal yang berkaitan dengan finansial, Cermati kini merupakan situs dan aplikasi terbesar di bidang ekonomi. Cermati memiliki alamat website di www.cermati.com yang bisa diakses dengan mudah di browser atau dengan mengunduh aplikasinya di ponsel.

~

Bukan hanya edukasi mengenai ekonomi dan finansial, Cermati juga membantu pengguna untuk membandingkan produk finansial seperti kartu kredit, program pinjaman, layanan deposit serta memberikan informasi mengenai peraturan yang berlaku.

Kecuali situs yang berbasis informasi, semua perusahaan financial technology yang berhubungan dengan transaksi dan perbankan biasanya berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanannya dan bisa menyambut kemajuan teknologi finansial dengan lebih nyaman.

  • Editor: Wicak Hidayat
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB