LogoDIGINATION LOGO

Bisnis Bisa Manfaatkan Tren Piala Dunia di Media Sosial

author Oleh Sukindar Kamis, 19 Juli 2018 | 16:50 WIB
Share
Selain dapat mengandalkan beragam platform marketplace, termasuk situs e-commerce milik sendiri, media sosial bisa menjadi senjata yang sangat ampuh bagi pelaku bisnis online
Share

Selain dapat mengandalkan beragam platform marketplace, termasuk situs e-commerce milik sendiri, media sosial bisa menjadi senjata yang sangat ampuh bagi pelaku bisnis online.

Tidak hanya dapat menjangkau pendengar sebagai media pemasaran dan iklan, namun juga dapat menjadi alat untuk melihat umpan balik sekaligus alat untuk melihat peluang.

Namun tentu saja, hal ini tidak terlepas dari berbagai macam trik yang bisa dimanfaatkan dalam menggunakan media sosial untuk menjangkau para pendengar.

Salah satu trik yang bisa dilakukan dalam hal ini, adalah dengan memanfaatkan tren yang sedang populer, termasuk di dalamnya acara, kasus, dan banyak hal lainnya.

Sebagai contohnya adalah tren yang berkembang selama pelaksanaan ajang bergengsi Piala Dunia 2018 yang telah berhasil terselenggara di Rusia.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Isentia Indonesia, euforia Piala Dunia tidak hanya terbatas pada pertandingan-pertandingan yang berlangsung di lapangan.

Marketing and Business Executive Isentia Indonesia mengungkapkan, momen tersebut juga menciptakan tren perbincangan di sosial media, terutama seputar nama-nama pemain, liga andalan, dan juga momen-momen pertandingan itu sendiri.

-

Baca Juga:
Piala Dunia 2018: Pemesanan Hotel dan Tiket Pesawat ke Rusia Meningkat

Di pasar Indonesia saja, selama pelaksanaan ajang tersebut tepatnya mulai dari tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018, tercatat setidaknya 65,665 perbincangan mengenai Piala Dunia 2018 di media sosial.

Dari angka tersebut, perbincangan paling banyak terjadi di media sosial Twitter yang mampu menyumbang hingga 81.3% dari total perbincangan, diikuti oleh Facebook dengan 12.7%, Instagram dengan 4.2%, dan 1.8% sisanya perbincangan di blog atau forum.

Kemenangan Perancis atas Kroasia di laga final pun berhasil menyumbang hingga 4,123 perbincangan, dengan Kylian Mbappe sebagai pemain yang paling banyak dibicarakan.

Kemenangan Rusia atas Uruguay, diikuti gagalnya tiga tim raksasa (Argentina, Portugal dan  Spanyol), serta masuknya Kroasia ke dalam laga final menjadi momen yang paling banyak dibicarakan.

Merek Adidas pun berhasil menjadi merek yang paling mengalami peningkatan, dan berhasil menjadi pembicaraan utama Stars' Fashion Dan Official Merchandise Piala Dunia.

Dengan memanfaatkan tren-tren ini, kamu bisa menjangkau lebih banyak penggemar dengan membawakan topik yang sama, atau melihatnya sebagai peluang baru dalam menciptakan produk.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB