LogoDIGINATION LOGO

Teh Indonesia Telah Diakui Dunia Internasional

author Oleh Sukindar Selasa, 17 Juli 2018 | 16:40 WIB
Share
Sebagai salah satu komoditas ekspor yang berperan penting dalam perekonomian nasional, teh Indonesia telah berhasil mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional
Share

Sebagai salah satu komoditas ekspor yang berperan penting dalam perekonomian nasional, teh Indonesia telah berhasil mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional.

Bagaimana tidak? Salah satu produk teh Indonesia telah memperoleh penghargaan pada ajang International Gourmet Tea Competition “Teas of the World” AVPA-Paris 2018 untuk kategori black tea.

Bagi yang belum tahu, International Gourmet Tea Competition “Teas of the World” AVPA-Paris 2018 merupakan kompetisi khusus untuk produsen teh terbaik yang diselenggarakan Agency for the Valorization of Agricultural Products (AVPA).

Selain kategori black tea, terdapat juga kategori green tea, white tea, oolong clear, darjeeling, oolong moyen, oolong oriental beauty, oolong dark, serta non category untuk memperebutkan 54 penghargaan.

Baca Juga:
Mengenal Ekspor Teh Lewat Klinik Produk Ekspor

Dalam acara yang diselenggarakan di Paris tersebut, terdapat sebanyak 113 produk teh yang berasal dari 15 negara berbeda.

Dari semua produk teh tersebut, produk teh Indonesia dengan merek Bankitwangi dari PT Bukitsari berhasil memperoleh pengakuan di kategori yang telah disebutkan.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Ari Satria sangat mengapresiasi pencapaian salah satu produk teh tersebut.

Untuk itu, Beliau menyebutkan, “Kemendag terus berupaya mendiversifikasi produk teh Indonesia agar semakin bernilai tambah dan berdaya saing untuk memperkuat pasar ekspor komoditas teh, khususnya di Eropa.”

Berdasarkan data Kemendag, produk teh Indonesia telah menyumbang hingga sebesar USD 117,94 juta terhadap nilai ekspor secara menyeluruh pada tahun 2017 lalu.

Hal ini membawa Indonesia menempati urutan ke-13 sebagai negara eksportir teh dunia dengan pangsa pasar 1,32% dari total ekspor teh dunia.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kemendag
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB