LogoDIGINATION LOGO

Bisnis Hiburan Tak Sebatas Mengolah Kreativitas

author Oleh Desy Yuliastuti Minggu, 15 Juli 2018 | 05:56 WIB
Share
Pola konsumsi masa kini disadari mulai bergeser dari sekadar mengkonsumsi barang menjadi menikmati pengalaman, salah satunya konser musik yang kini menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum millennial
Share

Pola konsumsi masa kini disadari mulai bergeser dari sekadar mengkonsumsi barang menjadi menikmati pengalaman, salah satunya konser musik yang kini menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum millennial.

Seperti belum lama ini, diva internasional Celine Dion sukses menyihir lebih dari 5.000 penonton dalam konser perdananya di Indonesia yang bertajuk "Celine Dion's Live Tour 2018”.

Konser yang berlangsung pada hari Sabtu (7/7) di Sentul International Convention Center (SICC) itu digelar oleh salah satu promotor terkemuka Indonesia PK Entertainment yang menunjuk Loket sebagai official ticketing partner.

Baca: Bingung Cari Makanan Halal di Luar Negeri? Ini Solusinya

VP Marketing Loket, Ario Adimas mengatakan bisnis industri hiburan tidak hanya sebatas mengolah konsep yang kreatif, tetapi juga perlu dipikirkan bagaimana pengelolaan distribusi tiket sampai ke pelayanan pengunjungnya demi memberikan pengalaman terbaik.

Sebagai salah satu core product dari Loket, Loket for Business telah bekerja sama dengan banyak perusahaan dan promotor besar. Dalam setiap event, Dimas mengatakan pihaknya selalu menyesuaikan layanan dan teknologi agar sesuai dengan kebutuhan penyelenggara.

“Misalnya saja, dalam konser ini, kami membantu pihak promotor untuk mengembangkan mini site khusus untuk menjual tiketnya. Tidak berhenti sampai disitu, Loket juga memastikan akses pembeli terbuka luas dengan mendistribusikan tiket resmi di enam titik Loket Distribution Partner (LDP) termasuk Go-Tix,” tutur Dimas.

Teknologi RFID Cegah Tiket Palsu

Guna memastikan pengunjung membeli tiket asli dan terdata dengan baik, Loket juga menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Card Ticket kepada setiap pengunjung. Teknologi ini diyakini mampu menghindari pemalsuan tiket serta merekam data pengunjung dengan maksimal.

“Dengan sistem RFID, sistem kami dapat memonitor jumlah pengunjung masuk dan keluar serta dapat dipastikan penonton yang ada di venue adalah mereka yang memegang tiket asli. Dengan manajemen tiket yang profesional ini, Loket juga ingin memastikan promotor bisa meraih pendapatan yang optimal lewat proses penjualan tiket yang aman dan transparan.”

“Ditambah lagi, rekaman data pengunjung yang didapat dari satu event bisa dimanfaatkan promotor untuk menganalisis kecenderungan perilaku konsumen sebagai bekal mereka untuk mengoptimalkan event berikutnya,” sambung Dimas.

Selain manajemen tiket yang baik, pengelolaan pengunjung menjadi perhatian lebih. Selama event berlangsung harus dipastikan pengunjung yang masuk diatur dengan rapi sesuai kelasnya dan memastikan setiap penonton menikmati event dari awal mereka datang ke venue sampai mereka pulang.

“Sebagai perusahaan teknologi manajemen event yang beroperasi sejak tahun 2013, Loket percaya bahwa bahwa experience ditentukan oleh kemudahan dan keamanan dalam proses distribusi tiket sampai ke tangan penonton, dimana hal ini merupakan hal utama yang menentukan kesuksesan event dalam skala apapun,” tutup Dimas.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB