LogoDIGINATION LOGO

Pemodal Ventura Baru Untuk Digitalisasi Asia Tenggara

Oleh Sukindar Selasa, 10 Juli 2018 | 10:35 WIB
Share
Melalui anak perusahaannya Sunway City, Sunway Berhad membentuk pendanaan modal ventura baru, dengan nilai yang diusulkan hingga mencapai USD 5 Juta
Share

Melalui anak perusahaannya Sunway City, Sunway Berhad membentuk pendanaan modal ventura baru, dengan nilai yang diusulkan hingga mencapai USD 5 Juta.

Dengan pembentukan pemodal ventura dengan nama Sun SEA Capital tersebut, Sunway berencana untuk mempercepat transformasi digitalnya melalui investasi ke dalam startup digital, dan melakukan penggalangan dana eksternal untuk menumbuhkan startup.

Sementara itu, investasi yang direncanakan mencapai dana hingga sebesar USD 5 Juta akan menjadi investasi pertama, dan akan digunakan untuk menumbuhkan startup terukur di Asia Tenggara dan Hong Kong.

Secara khusus, startup-startup yang diharapkan tumbuh dalam investasi pertama ini merupakan startup yang berkonsentrasi di bidang konvergensi online-to-offline, solusi bisnis, logistik, media digital / hiburan, teknologi keuangan dan sektor kesehatan digital.

Berbagai macam startup yang bergerak dibidang yang telah dijelaskan berkesempatan mendapatkan pendanaan seri A, dengan nilai sekitar USD 1 hingga 3 Juta setiap paketnya.

Baca Juga:
EV Growth Didirikan, Siap Danai Startup Indonesia

Presiden Sunway Group Dato 'Chew Chee Kin menjabarkan, penandatanganan Initial Exempted Limited Partner Agreement (LPA) dalam membentuk pemodal ventura baru tersebut menandai upaya percepatan digitalisasi dan perluasan wilayah jangkauan Sunway Group.

Harapannya, Sun SEA Capital dapat menarik bakat besar dari seluruh wilayah Asia Tenggara dan Hong Kong untuk mengejar pertumbuhan yang berkelanjutan.

Koichi Saito selaku konsultan sekaligus direktur pemodal ventura tersebut menyebutkan bahwa Sun SEA Capital akan membantu Sunway Group mengejar inovasi baru dengan berinvestasi pada startup dengan teknologi seperti IoT, kecerdasan buatan, dan blockchain.

Dalam hal ini, Sun SEA Capital akan menjalankan skenario plug-and-play, yakni dengan menyambungkan ke ekosistem all-in-one kuat yang telah dibuat Sunway dan segera menjalankannya untuk membuatnya tumbuh.

Pada tahap sebelumnya, Sunway telah memiliki inkubator dan akseleratornya sendiri, yakni Sunway Innovation Lab, serta cabang pemodal ventura Sunway Ventures.

Dengan demikian, Sun SEA akan menjadi pelengkap terbaru Sunway Group dalam strategi digitalisasi yang sedang dijalankannya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB