LogoDIGINATION LOGO

Lewat Seluler, Akses Keuangan Terbuka Lebar

Oleh Sukindar Senin, 4 Juni 2018 | 04:01 WIB
Share
Indeks inklusi keuangan Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun
Share

Indeks inklusi keuangan Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan, peningkatan indeks tersebut bahkan terlihat cukup signifikan.

Pada tahun 2017 lalu, indeks inklusi keuangan Indonesia bahkan telah mencapai angka 63%.  Angka ini diharapkan oleh pemerintah dapat terus meningkat hingga mencapai angka 75% pada tahun depan.

Untuk memastikan hal tersebut dapat tercapai, Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap terdapat pendekatan lain dalam memperluas jangkauan layanan keuangan di masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebutkan, “(Layanan keuangan untuk masyarakat) yang informal harus kita bisa dilakukan dengan cara baru dengan teknologi baru.”

Saat ini, baru terdapat kurang lebih 90 juta masyarakat Indonesia yang terhubung dengan layanan keuangan resmi.

Baca Juga:
OJK: Pelajar Harus Melek Literasi Keuangan

Ketersediaan akses layanan keuangan ini dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan teknologi seluler, sebagai salah satu jalur atau sarananya.

"Kita punya setidaknya 230 juta orang Indonesia minimal yang punya satu ponsel.  Itu adalah jalur bagi kita untuk meningkatkan inklusi keuangan," jelasnya.

Dan untuk mencapai target 75% pada tahun depan, pemerintah meyakini dapat tercapai dengan adanya dukungan infrastruktur yang baik.

"(Angka) 75% insyallah dari sisi infrastruktur tidak ada masalah, dimana pun yang namanya jaringan seluler, 4G dan lain sebagainya jauh di atas 75%," ungkap Rudiantara.

Kehadiran Paytren eMoney merupakan salah satu yang diharapkan pemerintah dapat menjadi pendorong percepatan inklusi keuangan.

Model Paytren ePayment ini salah satunya, jadi bapak ibu sekalian, sekali lagi saya sangat senang," sambutan Rudiantara saat memberikan sambutan Peluncuran Paytren eMoney di Pondok Pesantren Daarul Quran CIpondoh, Tangerang, Banten, Jumat (01/06/2018).

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB