LogoDIGINATION LOGO

Ayo UMKM Jualan Online Libatkan Relawan TIK

author Oleh Sukindar Senin, 28 Mei 2018 | 16:47 WIB
Share
Momen Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk berjualan, mengingat tingkat konsumsi dan transaksi pesanan berada di level paling tinggi dibandingkan dengan bulan biasa
Share

Momen Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk berjualan, mengingat tingkat konsumsi dan transaksi pesanan berada di level paling tinggi dibandingkan dengan bulan biasa.

Melihat hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mengoptimalkan bulan ini dengan memfasilitasi lebih banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) untuk beralih ke pasar online.

Dibantu oleh relawan TIK dan SMK, program bertajuk Ramadhan Express Ayo UMKM Jualan Online! ini menggunakan metode jemput bola ke delapan kota di Indonesia.

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Digital Economy Lies Sutjiati menyebutkan bahwa UMKM telah menjadi pilar perekonomian nasional dengan jumlah yang sangat banyak di Indonesia.

Baca Juga:
Gerakan Ayo UMKM jualan online

“Sampai sekarang, kita mempunyai 59 juta UMKM. Mayoritasnya sebesar 99% adalah mikro. UMKM tersebut adalah backbone ekonomi Indonesia. Selama ini mereka mengkontribusikan 58-60% dari GDP di Indonesia," jelasnya.

Permasalahannya, masih banyak pelaku UMKM yang masih belum beralih ke pasar online bukan disebabkan karena tidak mau, tetapi mereka banyak yang belum begitu paham terhadap teknologi.

Melalui program kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Koperasi dan UMKM, serta dibantu enam marketplace di Indonesia ini, UMKM diharapkan lebih mudah dalam melakukannya.

Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM Herustiati berharap jumlah UMKM yang beralih ke online dapat meningkat melalui kegiatan Ramadhan Express Ayo UMKM Jualan Online! tersebut.

“Untuk delapan juta UMKM itu kan sampai tahun 2020. Untuk sekarang sudah 4,6 juta. Kita terus bersama-sama dengan Kominfo dan Perdagangan mencapai delapan juta,” tambahnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kominfo
TAGS
LATEST ARTICLE