LogoDIGINATION LOGO

3 Kunci Sukses Dari Taobao University

author Oleh Sukindar Kamis, 24 Mei 2018 | 05:24 WIB
Share
Untuk belajar mengenai bisnis, Taobao University adalah tempat yang cocok
Share

Untuk belajar mengenai bisnis, Taobao University adalah tempat yang cocok. Di universitas yang dibangun oleh Jack Ma, kita dapat belajar tentang kiat mempercepat usaha dari perusahaan raksasa ecommerce Alibaba.

Pendiri Soul Rich Woman Genecia Alluora berkesempatan datang ke universitas tersebut, dan mempelajari beberapa wawasan dan strategi dari perusahaan buatan Ma.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan CNBC terhadapnya, terdapat tiga poin penting bisnis yang diperolehnya dari Taobao University.

Ini Semua Tentang Membangun Merek

Seiring dengan pertumbuhan pasar di industri ecommerce, memiliki merek yang dapat dengan mudah diidentifikasi oleh konsumen menjadi suatu hal yang sangat penting.

Orang-orang tidak lagi langsung melakukan pembelian, namun mereka kini cenderung mencari ulasan di media sosial sebelumnya.

Menurut Allora, pelanggan cenderung ingin mengenal merek lebih dekat, sekaligus mengetahui kredibilitas dari merek tersebut.

Namun saat ini,  hal ini lebih jauh dari sekedar membangun halaman Facebook. Hal ini berkaitan dengan bagaimana merek dapat melakukan promosi secara lebih luas.

Baca Juga:
Intip Lima Rahasia Sukses Membesarkan Startup Ala Jack Ma

Anda Perlu Memasarkannya

Setelah merek dagang tercipta, hal yang harus dilakukan adalah melakukan promosi kepada orang-orang yang tepat.

Hal ini tampak sederhana, tapi seiring pertumbuhan teknologi, perusahaan atau merek dituntut untuk dapat memanfaatkannya.

Allora menegaskan bahwa merek perlu meningkatkan traffic saat ingin menggapai puncak. Dan cara terbaiknya adalah dengan fokus terhadap strategi digital seperti memprioritaskan kata kunci dalam diskripsi produk.

Selain itu, Allora menyebutkan bahwa gambar produk juga sangat penting. Pendekatan secara emosi perlu dilakukan, mengingat merek harus menjual gaya hidup bukan hanya produk.

Analisis Data Sangat Penting

Untuk mengelola momentum dan mendapatkan penjualan secara berulang, merek harus mampu mengenal pelanggan dengan lebih baik.

Sederhananya, merek harus mengakses data-data konsumennya, dan kemudian menganalisisnya secara mendetail untuk mengetahui kebutuhan masing-masing pelanggan.

Allora mencontohkan, jika terdapat seseorang yang sedang mencari barang-barang untuk bayi, merek dapat menargetkan pakaian untuk anak usia satu tahun pada tahun berikutnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: CNBC
TAGS
LATEST ARTICLE

Ekonomi Digital Indonesia, Dari Market Place ke Services

Berdasarkan kajian Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia punya potensi ekonomi digital yang paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bagaimana agar potensi tersebut dapat diraih?

Senin, 17 Februari 2020 | 17:24 WIB

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB