LogoDIGINATION LOGO

Sistem Pembayaran Berbasis Blockchain Akan Segera Datang

Oleh Sukindar Kamis, 24 Mei 2018 | 02:59 WIB
Share
Selama beberapa tahun belakangan ini, blockchain digadang-gadang dapat digunakan oleh industri keuangan untuk mempercepat, mengamankan, dan menurunkan biaya transaksi
Share

Selama beberapa tahun belakangan ini, blockchain digadang-gadang dapat digunakan oleh industri keuangan untuk mempercepat, mengamankan, dan menurunkan biaya transaksi.

Hal ini pun menarik penyedia layanan cloud ternama Akamai untuk turut serta memanfaatkan blockchain ke dalam industri finansial.

Berkolaborasi dengan perusahaan finansial MUFG, Akamai Technologies memiliki rencana untuk membangun jaringan pembayaran online berbasis blockchain.

Dengan menggunakan sistem berbasis blockchain, sistem pembayaran akan menjadi lebih responsif dengan peningkatan skala transaksi pembayaran ke generasi selanjutnya.

Jaringan pembayaran berskala hiper ini dirancang agar dapat melakukan proses hingga lebih dari satu juta transaksi setiap detik, dengan latensi kurang dari dua transaksi setiap detik.

Baca Juga:
Blockchain Solusi Untuk Industri Game Lokal

Selain itu, keamanan jaringan sistem pembayaran berbasis teknologi blockchain juga akan lebih dijamin dalam penawaran Akamai.

CEO sekaligus co-founder Akamai Dr. Tom Leighton menyatakan, sistem pembayaran online berbasis blockchain tersebut dirancang untuk meningkatkan skalabilitas, latensi, dan keamanan yang saat ini masih menghambat penggunaan blockchain secara lebih luas.

Akamai dan MUFG memiliki komitmen untuk menciptakan solusi inovatif yang dapat melayani pelanggan dan kebutuhan proses pembayaran dengan lebih baik.

Dengan memanfaatkan teknologi yang dibangun di atas Akamai Intelligent Platform, sistem pembayaran berbasis blockchain ini diharapkan dapat tersedia di Jepang pada pertengahan pertama tahun 2020.

Saat peluncurannya, sistem tersebut akan dilengkapi dengan serangkaian layanan komprehensif, termasuk dukungan untuk sistem pembayaran yang telah ada, pay-per-use, pembayaran mikro, dan transaksi pembayaran lainnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB