LogoDIGINATION LOGO

P2P Lending Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Oleh Desy Yuliastuti Rabu, 16 Mei 2018 | 09:47 WIB
Share
Esta Kapital Fintek mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut membangun komunitas tanpa kemiskinan lewat platform peer-to-peer lending yang mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower)
Share

Esta Kapital Fintek mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut membangun komunitas tanpa kemiskinan lewat platform peer-to-peer lending yang mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower).

Melalui sistem yang ditawarkan Esta Kapital Fintek, para peminjam yang berjiwa sosial dapat meminjamkan uang mulai dari Rp3,3 juta untuk tenor 40 minggu, dengan bunga 8%-15% per tahun. Bagi lender, setiap plafon pinjaman dikenai biaya admin 0,5% dari nilai transaksi serta biaya manajemen 1% dari tagihan yang terbayar.

Sebagai satu dari hampir 50 perusahaan fintech Indonesia yang terdaftar dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Esta Kapital Fintek ingin membantu meningkatkan inklusi keuangan nasional serta membantu memenuhi kebutuhan pembiayaan dalam negeri yang masih sangat besar.

“Dibawah bimbingan OJK, kami harap industri P2P Lending Indonesia secara garis besar bisa terus membangun negara dan meningkatkan inklusi keuangan bagi rakyat yang belum bisa mendapatkan fasilitas keuangan,” kata Rony Harianto, Komisaris, Esta Kapital Fintek.

Baca juga: Inklusi Keuangan, Sulit Jika Sendiri-Sendiri

-

Anak perusahaan Esta Corporations ini lebih jauh ingin mendorong pemerataan distribusi pembiayaan nasional masih belum merata di 17.000 pulau Indonesia yang akan membantu meningkatkan pemerataan tingkat kesejahteraan penduduk.

“Esta Corporation percaya bahwa usaha mikro, kecil dan mengengah adalah mesin pembangunan Indonesia dan berpotensi meratakan kesejahteraan rakyat,” kata Junjungan Putra Rumapea, Direktur Utama Esta Kapital Fintek. 

Platform P2P Lending juga dipercaya bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat ikut membantu bergotong-royong memberi pinjaman yang kecil tapi sangat diperlukan bagi perekonomian Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Dukung Penuh Industri Fintech untuk Majukan Keuangan Inklusif

Saat ini, ia menilai ada kesenjangan bagi pengusaha mikro wanita, baik di kota maupun di daerah.  Esta Kapital Fintek ingin membantu memberdayakan wanita untuk memungkinkan perusahaan kecil menjadi penyedia produk dan jasa bagi komunitas mereka.

“Selain bimbingan pengetahuan yang diberikan oleh anak perusahaan Esta Corporations, Esta Kapital Fintek ingin bergotong royong membantu para ibu-ibu pengusaha untuk meningkatkan bisnis dan kesejahteraan mereka,” pungkasnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB