LogoDIGINATION LOGO

Cloud Jadi Solusi Pengelolaan SDM

author Oleh Sukindar Kamis, 3 Mei 2018 | 06:11 WIB
Share
Teknologi cloud merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam beragam bidang dan dapat diimplementasikan ke dalam beragam sistem
Share

Teknologi cloud merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam beragam bidang dan dapat diimplementasikan ke dalam beragam sistem.

Salah satunya adalah dalam sistem manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), seperti yang dilakukan melalui kemitraan antara SAP SE dengan raksasa perbankan dan layanan financial Rusia, Sberbank.

Kedua perusahaan yang memiliki bidang berbeda ini telah berhasil merampungkan sistem untuk SDM berbasis cloud  hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Menggunakan teknologi SAP SuccessFactors, Sberbank kini dapat mengelola sekitar 230 ribu karyawannya, dan diharapkan dapat merangkul semua anak perusahaannya yang akan menambah jumlah karyawan terhubung hingga 270 ribu orang.

Layanan berbasis cloud ini dapat digunakan oleh semua karyawan yang telah terhubung untuk mengembangkan diri melalui assessment, perencanaan karir, serta pelatihan online.

Di sisi manajemen, sistem ini juga mengizinkan manajer untuk melacak kinerja karyawan, termasuk kompentensi dan kemampuannya, membuat keputusan pengembangan, serta menghubungkan tim untuk menyelesaikan permasalahan.

Baca Juga:
SAP Perkenalkan SAP Digital Manufacturing Cloud

“Tujuan utama Sberbank adalah mendorong daya saing kami mencapai level yang lebih tinggi, yang akan memampukan kami untuk bersaing dengan para perusahaan teknologi global sekaligus mempertahankan status sebagai bank terbaik untuk perseorangan maupun bisnis,” ujar Deputy Chairman of the Executive Board Sperbank Yulia Chupina.

Untuk menggapai tujuan tersebut, Chupina mewakili Sperbank berencana menggunakan teknologi baru tersebut dan memberdayakan karyawan sebagai sarana mengembangkan bisnis, serta meningkatkan profit dan efisiensi, sekaligus mendorong fleksibilitas, kecepatan dan pemusatan kepada klien.

Proyek transisi ini merupakan sebagian dari strategi transformasi 2020, untuk memastikan tingkat kualitas proses manajemen personalia baru di Sberbank.

Di dalamnya juga termasuk perekrutan, pelatihan, perencanaan karir, pengembangan karir, menciptakan model kompentensi, dan pengembangan budaya perusahaan.

Yang juga cukup menarik, kemitraan SAP SE dengan Sberbank ini menjadi peluncuran software SDM berbasis cloud yang menjadi tercepat dari seluruh pelanggan utama SAP.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB