The NextDev Ajak Anak Muda Bikin Dampak Sosial Positif untuk Indonesia

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 16 April 2018 | 10:41 WIB
Share
Bersamaan dengan The NextDev Academy 2018, ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi di Indonesia The NextDev Talent Scouting 2018 dimulai
Share

Bersamaan dengan The NextDev Academy 2018, ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi di Indonesia The NextDev Talent Scouting 2018 dimulai.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini tema yang diambil adalah ‘The Search for Social Impact’ untuk mengajak para pengembang startup menghadirkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, bahwa sebuah karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Diikuti 20 Startup Terbaik, The NextDev Academy 2018 Dimulai

“Melalui The NextDev, kami mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi yang berpartisipasi dalam Talent Scouting maupun Academy agar mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif bagi kemajuan Indonesia,” ujar Ririek saat ditemui di Empirica SCBD, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Beberapa contoh kategori sebagai dasar pengembangan solusi, yang merefleksikan berbagai bidang yang menyentuh aspek kehidupan masyarakat secara langsung, di antaranya pendidikan, pemerintahan, lingkungan, kesehatan, transportasi, pariwisata, energi, agrikultur, dan perdagangan.

Ririek menambahkan The NextDev Talent Scouting 2018 akan lebih fokus pada pencarian talenta atau sosok kuat yang memiliki visi dan misi jangka panjang dalam memberikan social impact dalam membangun startup digital.

"Tahun ini, kami mengutamakan social impact. Satu yang diharapkan, startup bisa memberikan solusi untuk kehidupan sosial kita agar bisa menjadi lebih produktif dan memberikan value pada penyedianya," imbuhnya.

Baca juga: Potensi Besar Startup E-Agrikultur di Negara Agraris

Sementara itu, Vice President Corporate Communications Adita Irawati mengatakan ajang NextDev merupakan bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) dari Telkomsel. Tahun ini pun tak ada target khusus menjaring jumlah startup, tapi fokus pada pendampingan startup yang berada di early stage sebagai pondasi untuk mendapat akses ke market, stakeholder, dan regulator.

Adita juga menjelaskan, para peserta The NextDev Talent Scouting akan mempresentasikan ide-ide brilian mereka dalam pitching day yang berlangsung pada periode April hingga Oktober 2018 di tujuh kota, yakni Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta.

Selanjutnya, 20 startup terbaik berkesempatan mengikuti program pengembangan bisnis The NextDev Academy, serta memperoleh hadiah dan fasilitas pengembangan startup, yakni Seed Fund, akses ke investor, mentoring, knowledge, akses ke media untuk publikasi, serta Trip & Experience ke Silicon Valley.

“Kita berharap tahun ini kita memiliki kualitas peserta lebih baik untuk The NextDev Talent Scouting. Kedua untuk The NextDev Academy kita harapkan setelah mengikuti academy bisa lebih scale up untuk terus menjalankan startup-nya dan lebi sustain secara jangka panjang,” tutup Adita.

Baca juga: Menang di Indonesia, Belajar ke Silicon Valley

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB