LogoDIGINATION LOGO

Blockchain Solusi Untuk Industri Game Lokal

Oleh Sukindar Jumat, 11 Mei 2018 | 12:50 WIB
Share
Mfun melebarkan sayapnya ke Indonesia, membawa platform blockchain miliknya dengan misi membangun ekosistem terbuka dan terpercaya bagi industri game dan aplikasi
Share

Mfun melebarkan sayapnya ke Indonesia, membawa platform blockchain miliknya dengan misi membangun ekosistem terbuka dan terpercaya bagi industri game dan aplikasi.

Memulai misinya tersebut, Mfun juga menjalin kemitraan dengan Agate selaku pengembang game terkemuka Indonesia, Duniaku.net selaku media game terkemuka Indonesia, dan Yogrt selaku platform aplikasi media sosial.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, Mfun akan berusaha memotong rantai perantara, serta meningkatkan minat dan jumlah pengguna game atau aplikasi.

Berdasar data yang disampaikan Brian, Indonesia merupakan pasar usual gaming terbesar di Asia Tenggara dengan nilai hingga USD 500 juta.

Sayangnya, pengembang lokal baru bisa menguasai sekitar 1,8% dari besarnya pasar tersebut, dikarenakan ekosistemnya belum berkembang.

“Mfun hadir menawarkan platform yang memungkinkan pengembang memangkas pengeluaran untuk promosi dan biaya-biaya pihak ketiga yang tidak efektif dan mengalihkannya menjadi reward bagi pemain game,” ujar Brian Fan, Co-Founder Mfun.

Baca Juga:
Ekspansi Industri Game Mobile Berteknologi Blockchain

Tidak hanya dari sisi pengembang, Mfun juga akan berusaha membawa keuntungan bagi para pengguna game aplikasi, dengan menawarkan imbalan dalam bentuk cryptocurrency.

Hal ini dilakukan sebagai hadiah karena pengguna telah menghabiskan waktu serta uangnya untuk menggunakan aplikasi atau memainkan game.

Nantinya cryptocurrency dalam bentuk token Mfun tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembelian dalam aplikasi (in-app purchase atau IAP) di dalam semua game yang menggunakan platform Mfun.

Selain berguna bagi pengguna, sistem reward ini juga akan dapat dimanfaatkan oleh pengembang lokal untuk mengurangi pengeluaran iklan yang tidak efektif.

Hal tersebut dikarenakan, setiap ingin mendapatkan token Mfun, pengguna akan diarahkan untuk mencoba game baru dari pengembang lokal.

Manajer Operasional Asosiasi Game Indonesia (AGI) Jan Faris Majd berharap hadirnya sistem hadiah tersebut dapat membuat pengembang lokal semakin dapat bersaing dengan pengembang global.

Rencananya, Mfun akan mulai meluncurkan platform-nya secara progresif pada kuartal keempat tahun 2018 ini dengan semakin banyak pengembang dan penerbit game lokal yang diharapkan bergabung ke ekosistem ini.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB