LogoDIGINATION LOGO

Whatsapp Ubah Desain, jadi Lebih Simple, Fresh dan Approachable

author Oleh Dewi Shinta N Sabtu, 11 Mei 2024 | 16:13 WIB
Share
Share

 

Apakah kamu sadar ada yang beda dari Whatsapp? Yups... Whatsapp baru saja mengubah user interfacenya menjadi lebih fresh, simple dan mudah dijangkau banyak orang. 

Dengan berubahnya tampilan baru pada Whatsapp, ini menambah jajaran perubahan pada Whatsapp. Diketahui setelah berdiri sejak tahun 2009, Whatsapp telah merubah tampilannya selama 5 kali, yakni tahun 2011, 2012, 2020, 2021 dan 2024. 

Berikut perubahan pada Whatsapp:

Palet warna baru

Whatsapp memperkenalkan palet hijau baru yang konsisten di dalam aplikasi. Bahkan Whatsapp mempertimbangkan lebih dari 35 iterasi warna yang berbeda, pada akhirnya selaras dengan hijau ikonik WhatsApp dan memilih palet yang memungkinkan pasangan warna yang harmonis di seluruh aplikasi. Whatsapp ingin meningkatkan penggunaan warna netral, di mana dan bagaimana hijau digunakan.

Baca juga: Meta AI Hadir Di Beberapa Belahan Dunia, Indonesia Termasuk?

Membuat navigasi lebih mudah

Whatsapp telah menambahkan tombol bottom navigation yang lebih modern di Android untuk membantu orang menemukan apa yang mereka butuhkan lebih cepat. Menempatkan tab lebih dekat ke ibu jari orang menawarkan navigasi yang lebih mudah di perangkat Android.

Mengirim foto dan video di iOS sekarang juga lebih mudah dengan tata letak attachment baru. Alih-alih menu layar penuh, Whatsapp menambahkan kolom yang dapat diperluas memungkinkan pengguna melihat fitur dengan lebih jelas saat mengirim media, polling, dokumen, dan lainnya.

Manajemen obrolan yang lebih baik

Baru-baru ini, Whatsapp memperkenalkan filter obrolan yang membantu pengguna fokus dan menemukan percakapan penting dengan lebih cepat. Memindahkan tombol navigasi di Android ke bawah memungkinkan Whatsapp untuk merancang filter agar berada di bagian atas daftar obrolan, sehingga orang dapat dengan cepat menemukan percakapan yang tepat tanpa menscroll chat box mereka. Sekarang, pengguna dapat memilih antara filter yang belum dibaca dan grup hanya dengan satu ketukan untuk melihat pesan yang tidak terjawab atau obrolan grup favorit pengguna

Baca juga: WhatsApp Izinkan Penggunanya Pakai 2 Akun dalam 1 Aplikasi

Desain masa depan

Pembaruan ini mewakili upaya besar dari multidisciplinary team of designers dan akan terus mendesain teknologi yang membantu pengguna tetap terhubung. Baik itu mengobrol dengan keluarga, berkolaborasi dalam proyek, berinteraksi dengan bisnis, atau menyelesaikan tugas dengan Meta AI. Whatsapp fokus untuk menghadirkan fitur baru dan membuat peningkatan yang membantu pengguna berbuat lebih banyak.

Mengandalkan 3 Prinsip : Fresh, Approachable dan Simple

Selama bertahun-tahun, Whatsapp berfokus pada penambahan utilitas ke aplikasi. Karena produk terus tumbuh dalam fungsionalitas, desain juga perlu berkembang. Oleh karena itu Whatsapp membuat aplikasinya terasa lebih segar dan modern tanpa mengganggu fungsi intinya.

Ada 3 prinsip dalam penyusunan, yakni:

  • Fresh atau segar: WhatsApp harus terasa segar, menyenangkan dengan tampilan yang akrab dan asli dari perangkat pengguna.
  • Approchable atau dapat didekati: Setiap orang harus merasa nyaman menggunakan WhatsApp.
  • Simple atau sederhana: Desain baru harus meningkatkan kesederhanaan, dan timeless.



  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE