LogoDIGINATION LOGO

Perlukah Pebisnis Belajar Data Science?

author Oleh DQLab Kamis, 29 Februari 2024 | 13:24 WIB
Share
Share

 

Pada era digital seperti sekarang, data telah menjadi sebuah aset yang penting dan dibutuhkan oleh bisnis di berbagai lini industri. Namun, tanpa adanya seorang ahli profesional yang mampu mengubah data menjadi sebuah insight yang berharga, Big Data bukanlah apa-apa. Dalam jumlah data yang terus bertambah dan berkembang, analisis data menjadi keterampilan yang kian banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Ini membuat Data Science sebagai salah satu bidang yang berkembang pesat dan membuat profesi data banyak diminati.

Data Science merupakan studi tentang data mentah atau unstructured data yang diolah menggunakan beberapa keterampilan seperti pemrograman, analitis dan juga bisnis. Bidang ini mencakup banyaknya ilmu-ilmu di dalamnya termasuk algoritma, Machine Learning, pemodelan prediktif ataupun sistem ilmiah lainnya yang dapat menghasilkan sebuah insight dari pola. 

Pertanyaannya kemudian muncul, apakah belajar Data Science ini diperlukan oleh seorang pebisnis? Jawabannya adalah ya, sangat penting. Berikut beberapa alasan mengapa diperlukan:

  1. Memahami Target Market dengan Jelas

Dengan mempelajari bidang Data Science, seorang pebisnis dapat melakukan analisis target market agar mampu memahami perilaku pembeli secara preferensi, pembelian, dan trend. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru, merancang strategi digital marketing, hingga meningkatkan pengalaman user dalam menjelajahi merek bisnis secara maksimal sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Roadmap Belajar Data Science untuk Pemula, Wajib Catat!

  1. Data-Driven Culture dalam Pengambilan Keputusan

Budaya data-driven dimulai dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai data. Perusahaan penting untuk menyadari bahwa data bukan hanya “aset” yang dimiliki, melainkan juga merupakan sumber daya kritis yang dapat memberikan wawasan strategis dan keunggulan kompetitif. Data-driven menjadi langkah utama yang dijalankan oleh banyak perusahaan atau organisasi guna mengetahui kebutuhan, perilaku, serta informasi pelanggan lainnya dengan hati-hati tanpa harus melanggar privasi pelanggan. 

Dengan peningkatan penggunaan data ini, mengakibatkan tingginya kebutuhan praktisi data dan membuka lapangan pekerjaan berprofesi sebagai Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analytics, dan profesi data profesional lainnya di industri. 

Para praktisi data mampu mengubah data-data tersebut menggunakan skill teknis & tools menjadi data yang bisa digunakan secara efektif dan memberikan banyaknya strategi yang mampu menjadi solusi atas permasalahan.

  1. Pencegahan Risiko yang Merugikan Bisnis

Melalui analisis data, pebisnis dapat melakukan identifikasi yang mampu memberikan efisiensi operasional yang lebih efektif dibandingkan harus melakukan pendekatan marketing secara tradisional yang dimana membutuhkan biaya yang besar. Tidak hanya dari segi biaya yang dikeluarkan, ini juga membantu pengelolaan inventaris yang lebih efisien serta mampu mengoptimalkan harga produk berdasarkan data.

  1. Challenge Era Digital dalam Berkompetisi Lebih Baik

Benefit lainnya dari belajar Data Science dan melakukan hiring praktisi data profesional bidang data yaitu kita mampu memahami dan menguasai produk secara firm berdasarkan analisis serta bebas dari ideologis ataupun prasangka. Dengan demikian, perusahaan akan mampu menemukan potensi permasalahan atau fokus optimalisasi memajukan bisnis agar berkompetisi lebih baik.

Baca juga: Bagaimana Mulai Belajar Data Science dari Nol?

Meskipun tidak semua pebisnis perlu menjadi ahli Data Science, memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan analisis data dapat membawa perubahan besar serta kesuksesan bisnis Anda! Ingin mulai belajar Data Science dengan tools Pentaho? Anda bisa ikuti pembelajaran data dari dasar hingga penerapan industri dengan belajar bersama DQLab karena DQLab satu-satunya platform belajar yang menyediakan module Pentaho berbahasa Indonesia. 

DQLab adalah platform kursus belajar secara online analisis data secara terstruktur menggunakan modul interaktif dan program pilihan lainnya. Daftarkan diri Anda programnya dan kunjungi lebih lanjut disini https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB