LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia Wujud Cincin Pintar Galaxy Ring 

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 27 Februari 2024 | 16:16 WIB
Share
Share

 

Samsung resmi memamerkan Galaxy Ring dalam ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol yang berlangsung pada 26-29 Februari 2024. Pada ajang MWC 2024, Samsung memamerkan bentuk Galaxy Ring dalam tiga varian warna, yaitu gold, ceramic black, dan platinum silver. Setiap warna ditawarkan dalam ukuran 5 hingga 13 dengan ukuran bertanda S hingga XL di bagian dalam lingkaran cincin. 

Sebenarnya keberadaan cincin pintar Galaxy Ring sudah di dalam ajang Galaxy Unpacked 2024 yang digelar pada 18 Januari lalu. Namun Saat itu, Samsung belum memperlihatkan penampakan nyata dari perangkat tersebut. 

Rilisnya cincin pintar garapan Samsung menambah daftar prototipe cincin pintar yang sedang dibangun para raksasa teknologi. Karena, Apple pun sedang menggarap cincin pintar meski masih dalam tahap yang sangat awal dan belum tahu kapan akan rilis.

Baca juga: Apple Dikabarkan Tengah Membuat Iphone dan Ipad Lipat

Menurut media teknologi The Verge yang berkesempatan menjajal prototipe Galaxy Ring, cincin pintar Samsung Galaxy Ring ini lebih ringan dari kelihatannya dengan bentuknya yang agak cekung. Ketika diperhatikan, lingkar cincin bagian dalam memiliki beberapa titik sensor. Tidak disebutkan secara rinci sensor apa saja. Namun, Samsung Galaxy Ring diyakini memiliki sensor untuk melacak tidur, detak jantung, pergerakan, dan pernapasan.

Galaxy Ring diyakini bakal memiliki fitur-fitur Samsung Health sehingga berguna sebagai alat perekam kesehatan dan aktivitas olahraga pengguna. Ini juga termasuk rekam detak jantung atau jumlah langkah, yang akan bisa dipantau di aplikasi Samsung Health.

Namun, pengguna cincin pintar Samsung Galaxy Ring membutuhkan smartphone Galaxy yang kompatibel dan aplikasi Samsung Health untuk melihat data kesehatan. Sebab, Galaxy Ring tidak memiliki layar atau tombol apa pun.

Baca juga: Barisan Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Tahun 2024

Samsung sendiri belum mengungkap detail harga untuk Galaxy Ring. Namun melihat dari berbagai fitur, fitur-fitur ini mirip dengan Oura Ring 3 yang merupakan pemimpin pasar cincin pintar saat ini. Sebagai gambaran, cincin Oura Ring 3 terbaru dijual mulai harga 299 dollar AS atau sekitar Rp 4,7 juta.

Menurut Global Head of B2B Wearable/IoT/Accessory PM di Samsung Electronics, Mobile, Daniel Seung Lee, Galaxy Ring bakal hadir pada semester kedua tahun ini atau dalam kurun waktu Juli hingga Desember 2024. 

Hal itu diungkap Lee dalam sebuah posting di LinkedIn pribadinya. "Produk baru yang dapat dipakai untuk kesehatan & kebugaran di paruh kedua. Tolong, pantau terus," tulis Lee lengkap dengan tagar #GalaxyRing dan #SmartRing.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE