LogoDIGINATION LOGO

Apple Dikabarkan Tengah Membuat Iphone dan Ipad Lipat

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 12 Februari 2024 | 18:01 WIB
Share
Share

 

Baru-baru ini Apple kembali menjadi sorotan. Apple dikabarkan sedang membangun ponsel lipat (foldable phone) layaknya Samsung dan Oppo.

Perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu disebut tengah menyiapkan setidaknya dua model iPhone lipat. Hal ini mencuat dari laporan terbaru situs berita The Information. Laporan tersebut mengatakan bahwa kedua ponsel itu masih dalam bentuk prototip yang memiliki mekanisme lipatan clamshell seperti Samsung Galaxy Z Flip Series. 

The Information melanjutkan bahwa dalam proses pembuatan iPhone lipat tersebut, para teknisi Apple ternyata mengalami kesulitan. Sebab, mereka menemukan bahwa layar ponsel lipat tersebut mudah rusak atau retak. Masalah lainnya yang dihadapi para teknisi Apple menurut laporan tersebut adalah sulitnya membuat perangkat lipat yang tipis dengan komponen layar dan baterai yang mumpuni. 

Baca juga: Barisan Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Tahun 2024

Untuk mengatasi masalah layar ini, Apple konon tengah mencari sejumlah pemasok layar yang berbasis di wilayah Asia. Kabarnya, pemasok ini akan dipilih Apple apabila mereka mampu membuat layar lipat untuk iPhone dalam beberapa ukuran.

Selain iPhone lipat, The Information juga menyebut bahwa Apple juga tengah mengembangkan iPad yang bisa dilipat. Konon, perangkat ini mirip dengan iPad Mini yang memiliki layar sekitar 8 inci. Namun, para teknisi Apple juga kabarnya menemui sejumlah masalah dalam pengembangan iPad lipat ini, salah satunya adalah bekas lipatan (crease) yang sangat terlihat ketika perangkat dibentangkan. 

Baca juga: Optimalkan Kecepatan Internet dengan Tips Ini

Sebagai solusinya, Apple konon tengah mencari cara atau teknologi bagaimana mengurangi crease layar, serta bagaimana membuat layar lipat di iPhone atau iPad tetap kokoh ketika dibentangkan.

Sementara belum ada kabar lanjutan tentang terbitnya produk flip ini dalam waktu dekat. Apple saat ini juga belum mengumbar informasi apapun terkait kehadiran kedua perangkat tersebut.

Sementara itu untuk iPad lipat, Laporan media TheElec menyebut bahwa Apple tengah bersiap meluncurkan perangkat berukuran 7-8 inci pada 2026 atau 2027. Belum diketahui apakah ini merupakan iPad lipat atau bukan. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE