LogoDIGINATION LOGO

Memahami Keterkaitan Big Data, Python dan Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 10 November 2023 | 18:28 WIB
Share
Share

 

Dalam era digital yang terus berkembang, data telah menjadi sebuah komoditas yang sangat berharga terutama bagi stakeholders. Perusahaan-perusahaan modern kini tidak lagi hanya mengandalkan intuisi dan pengalaman saja dalam pengambilan keputusan, namun juga mereka mengandalkan analisis data yang kuat sehingga membuat hasil keputusan dapat berdasarkan riset dan fakta yang ada. 

Big Data adalah sebuah kumpulan data yang memiliki karakteristik tertentu dalam jumlah yang besar. Pada besarnya jumlah data ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang sebelumnya tidak bisa ditangani. Agar big data dapat digunakan dengan maksimal, maka proses analisis harus betul-betul dilakukan benar menggunakan tools yang tepat. 

Bahasa Python, menjadi tools yang dapat membantu analisis menggunakan coding yang paling fleksibel sehingga membuat rata-rata perusahaan yang telah mempekerjakan praktisi data akan menggunakan bahasa ini. Tidak hanya melakukan analisis data saja, Python bisa mengerjakan banyak pekerjaan seperti membuat game, deploy sebuah website, hingga membuat model prediktif tingkat lanjut untuk strategi bisnis.

Agar kamu dapat memahami lebih dalam keterkaitan Data, Python dan Bisnis, pada artikel ini akan deep dive topik tersebut yang dimana ketiganya dapat saling mempengaruhi. Yuk, simak penjelasan berikut sampai habis!

Introduction to Big Data

Sesuai dengan penjelasan diatas, Big Data merujuk pada kumpulan data yang memiliki kompleksitas yang sulit atau bahkan tidak mungkin untuk diolah dengan menggunakan metode konvensional. Terdapat 3 V dari Big Data yang perlu diketahui:

  • Volume, yaitu Big Data memiliki volume yang besar dan melebihi kapasitas sistem konvensional untuk mengelola
  • Variety, Data didapatkan dari berbagai sumber serta memiliki berbagai bentuk, seperti data berbentuk teks, gambar, suara, dan lainnya
  • Velocity, dimana Data dapat dihasilkan atau diakses dengan kecepatan yang tinggi, sehingga memerlukan infrastruktur yang canggih dalam pengelolaannya.

Baca juga: Bisnis Kamu Siap Melejit? Terapkan Data Science Yuk!

Python menjadi Bahasa Pemrograman Unggulan untuk Analisis Data

Pada dasarnya Python bukanlah bahasa pemrograman yang baru, pertama kali bahasa ini dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Meskipun sudah lama ada dan digunakan, namun bahasa Python dapat terus membantu mengembangkan inovasi-inovasi dan bersaing dengan bahasa pemrograman baru lainnya.

Python sendiri memiliki fungsi yang serbaguna dan mempunyai banyaknya pustaka dan alat untuk analisis data. Pustaka atau library pada Python sendiri beragam yaitu NumPy, Pandas, Matplotlib, dan Seaborn, library tersebut sangatlah berguna untuk melakukan analisis data. 

Lalu bagaimana keterkaitan antara Python dan Big Data dalam Konteks Bisnis?

Kemampuan Python untuk bekerja dengan data dalam skala besar dapat membuatnya menjadi sebuah bahasa pemrograman yang ideal pada analisis Big Data. Beberapa banyak kasus di industri telah sukses mengimplementasikan Python dalam analisis Big Data dan mengalami peningkatan kinerja dan efisiensi.

Dengan menggunakan Python untuk analisis Big Data, perusahaan mampu mengoptimalkan operasi mereka dan menghemat waktu serta sumber daya. Selain itu, Python memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data menjadi lebih akurat dan cepat, dan artinya memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dibandingkan hanya berdasarkan intuisi dan pengalaman saja.

Baca juga: Pentingnya Kegunaan Python Ragam Bisnis

Big Data, Python & Bisnis memiliki dampak besar satu sama lain, memanfaatkan ketiganya berpotensi memberikan keuntungan bisnis yang kompetitif. Penting untuk diingat bahwa Big Data dan Python juga membutuhkan pertimbangan terkait keamanan dan privasi serta pelatihan sumber daya manusia. Saat ini banyak kursus online yang membuka pelatihan Python bagi karyawan mereka salah satunya DQLab. DQLab merupakan platform kursus online belajar Data Science dan menyediakan program belajar data sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ingin mulai belajar Python? kamu bisa mendaftar kelasnya melalui LiveClass Bootcamp Python & SQL atau kunjungi tautan https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql. Mulai belajar data bersama DQLab, karena data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB