LogoDIGINATION LOGO

Ini Cara Belajar Data Science dari Nol

author Oleh DQLab Sabtu, 21 Oktober 2023 | 10:30 WIB
Share
Share

 

Belajar dengan konsep yang menarik, fun dan unlock new skill data sekaligus tidak semudah yang kita inginkan. Bahkan, mungkin beberapa dari kamu masih melakukan riset tempat belajar data yang bisa memenuhi kebutuhan dan membantu mempersiapkan bekal karir di bidang data.  

Dasar atau fundamental dalam belajar sangat penting dan dibutuhkan serta tidak ada pengecualian oleh siapapun. Hal ini seputar memahami hal-hal dasar penggunaan dan juga fungsi agar ketika melakukan praktiknya tidak terjadi kesalahan fatal yang membuat kita harus mengulang dari awal kembali. 

Data Science menjadi ilmu yang saat ini sedang naik daun dan memberikan benefit yang sangat banyak untuk di aplikasikan bagi beberapa perusahaan di industri. Dalam dunia Data Science, kegiatannya meliputi mengekstrak, menganalisa, memvisualisasikan hingga mengkomunikasi hasil data berupa komunikasi verbal atau menggunakan grafis. Agar kegiatan dan prosesnya dapat menghasilkan data yang bisa ditindaklanjuti, maka disinilah peran fundamental Data Science dibutuhkan.

Banyak kursus dan pelatihan membuka pembelajaran secara terstruktur dari basic 0 (dasar fundamental) dan secara bertahap setiap sesinya mempelajari materi ke tingkat lanjut (advanced). Jika kamu baru memasuki bidang Data Science, pada artikel ini akan memberikan cara belajar Data Science dari Nol yang bisa diikuti bagi pemula atau NON IT sekalipun. Simak penjelasannya berikut ini sampai habis ya!

  1. Menetapkan Tujuan Belajar dengan Jelas

Sebelum memasuki tahapan yang lebih serius dan mendalam, penting Anda menentukan tujuan belajar dengan jelas. Kamu dapat merenung lagi, kira-kira apa tujuan “saya” belajar Data Science? Apa yang kamu ingin hasilkan setelah belajar Data Science? Apakah untuk switch career atau untuk mengaplikasikan skill Data Science di pekerjaan atau tugas kamu? Dengan memiliki tujuan belajar, akan membantu kamu menavigasikan pembelajaran dan motivasi untuk bisa menyelesaikan belajar Data Science.

Baca juga: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!

  1. Bangun Pondasi yang Kuat Pemahaman Matematika & Statistika

Seperti banyak ilmu disiplin lainnya, Matematika & Statistika adalah ilmu dasar yang wajib dimiliki untuk menguasai Data Science terutama jika kamu memiliki prospek untuk berkarir atau switch career sebagai praktisi data. Jika kamu seorang pemula dengan statistik dan probabilitas, maka kamu dapat memulai pembelajaran konsep dasar seperti korelasi, varian, probabilitas bersyarat, dan lainnya.

  1. Mulai Mempelajari Bahasa Pemrograman

Setelah kamu memahami konsep Matematika & Statistika, selanjutnya mempelajari bahasa pemrograman. Python, R dan SQL adalah bahasa pemrograman yang populer dan paling sering digunakan oleh talent digital dan menjadi awal yang baik untuk belajar pemrograman.

Hampir seluruh tugas ilmu Data Science menggunakan Python, R dan SQL secara bersamaan, sehingga pada ketiga bahasa tersebut memiliki kelebihan masing-masing di bidang tertentu. 

Python cenderung bekerja menangani data dalam jumlah besar, T akan digunakan untuk tugas pembelajaran yang mendalam, web scraping, dan otomatisasi, sedangkan SQL digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi kedalam basis data relasional baik dalam bentuk tabel, baris dan kolom.

  1. Pelajari, Praktik, dan Repeat

Memiliki pemahaman fungsional yang kuat lebih penting daripada hanya memiliki pemahaman permukaan saja tentang berbagai topik. Mulailah praktik apa yang sudah kamu pelajari melalui project Data Science yang ada, hal ini untuk memastikan bahwa kamu sudah memahaminya. Data Science adalah bidang yang berkembang pesat dan teknik serta akan banyak ilmu/tools baru yang akan terus bermunculan. Oleh karena itu, teruslah pelajari, praktik, ulangi dan tetap terus mengikuti perkembangan tren terkini ilmu Data.

  1. Join Komunitas dan Bangun Networking

Bergabung ke komunitas menjadi pilihan yang sangat tepat bagi pemula, hal ini karena kamu dapat bertemu dengan praktisi data industri dan membantu networking yang dapat membantu perjalanan kamu bidang Data Science. Para praktisi data profesional industri senantiasa membantu kamu serta memberi wawasan tentang bidang Data berdasarkan pengalaman mereka. Kamu juga mendapatkan banyak manfaat berbicara dengan orang-orang yang memahami berbagai industri dan bagaimana mereka menggunakan data untuk mengambil keputusan perusahaan/bisnis.

Baca juga: 4 Persiapan Sebelum Ikut Bootcamp Python

  1. Ikuti Kursus Belajar Terstruktur dan Mendalam

Perjalanan belajar Anda tidak berakhir setelah membangun beberapa project Data Science, selain itu juga Ilmu Data Science setiap harinya akan terus berkembang. Ada banyak cara untuk tetap terus belajar Data Science, salah satunya kamu bisa mengikuti pelatihan/kursus dengan belajar yang lebih terstruktur, mendalam, dan intensif dibimbing oleh mentor selaku praktisi data professional secara langsung. Ingin coba ikuti pelatihan Data Science gratis? Ikuti program DQLab Free Class Data Science, terbuka untuk pemula dan dapatkan akses modul pembelajarannya. Info lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB