LogoDIGINATION LOGO

Pendidikan dan Pelatihan AI untuk Tim Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 13 Oktober 2023 | 17:14 WIB
Share
Share

 

Artificial Intelligence, teknologi canggih ini telah mengubah lanskap perusahaan/bisnis di berbagai lini industri. Hal ini karena, AI memiliki banyak keunggulan yang bisa diimplementasikan untuk operasionalnya seperti membantu menemukan tren bisnis, memberikan matrik berdasarkan data agar mencapai tujuan bisnis, hingga memberikan solusi & decision making untuk stakeholders

Namun, masih ada beberapa perusahaan/bisnis yang ragu mengambil keputusan untuk memanfaat AI dalam operasionalnya karena masih kurangnya pengetahuan ilmu AI. Pada artikel ini, akan membahas pendidikan dan pelatihan AI bagi karyawan selaku tim bisnis. 

Dengan melalui pendidikan dan pelatihan yang baik dan terstruktur, maka output yang didapatkan bisa membantu menyelesaikan masalah bisnis dengan AI. Yuk, simak selengkapnya disini!

Baca juga: 3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI adalah sebuah teknologi yang sistemnya dirancang agar bisa meniru kecerdasan manusia. Penggunaan AI sangat sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, seperti chatbot, assistant virtual, atau produk-produk smart living.

Ketika AI memberikan banyak informasi dan membantu kegiatan sehari-hari, hal ini menjadi peluang stakeholders untuk menggunakan AI secara maksimal. AI mengacu pada sistem komputer yang dikembangkan melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti problem-solving, pemahaman bahasa dan persepsi. 

Sehingga, membuat AI sangat mendukung tim bisnis dalam mengerjakan banyak tugas, diantaranya seperti:

  • Menyortir jumlah data besar dalam hitungan waktu yang cepat
  • Belajar dari interaksi untuk meningkatkan kinerja di masa depan
  • Mampu memberikan fakta dan akurat berdasarkan data
  • Bisa mengenali gambar dan pola
  • Mampu berinteraksi layaknya seperti manusia secara alami
  • Mampu beroperasi 24/7 tanpa istirahat

Meskipun AI memiliki kelebihan yang cukup powerful, namun masih adanya keterbatasan dimana hanya manusia yang mampu memahami konteks tersebut (seperti memiliki kesadaran dan rasa emosional).Hal tersebut juga menjadi pertimbangan perusahaan, yang dimana akhirnya alasan mengapa kini tim bisnis mulai mengambil kursus/pelatihan AI. 

Baca juga: Pelatihan Data Science Program DQLab untuk Calon Talenta Data

Adapun manfaat bagi kita dan perusahaan mengambil pelatihan AI:

  • Mampu menyempurnakan strategi digital bisnis menggunakan AI, algoritma Machine Learning dan Big Data. Dengan memiliki pengetahuan dasar, maka akan membawa inisiatif strategi bisnis next level.
  • Dengan kursus AI dapat membantu Anda menjadi team lead bisnis yang memiliki pengetahuan luas (well-rounded leader). Karena memungkinkan memberikan dukungan kepada Data Analyst, Data Engineer, Developer di perusahaan/bisnis Anda terutama jika tidak memiliki latar belakang di bidang IT
  • Dapat berbagi insight dengan tim bisnis, dengan menerapkan AI di tempat kerja maka akan membangun sebuah budaya yang mencakup eksperimen dan pertanyaan. Dengan berbagi pengalaman kursus/pelatihan AI dapat memicu pembicaraan tentang bagaimana AI dapat memberikan manfaat bagi bisnis

Menarik bukan? jika Anda ingin mulai belajar AI secara terstruktur dan pembelajaran secara intensif. DQLab adalah salah satu kursus Data Science & AI secara online, informasi lebih lanjut seputar kelas AI kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE