LogoDIGINATION LOGO

IoT untuk "Smart City": Tingkatkan Kualitas Hidup

author Oleh DQLab Kamis, 7 September 2023 | 15:50 WIB
Share
Share

 

Teknologi IoT telah mengubah banyaknya cara kita menjalankan kehidupan sehari-hari, dan penerapan IoT di kota pintar atau smart city berada di garis depan di era revolusi ini.  IoT untuk kota pintar ini memberikan banyak solusi kreatif yang mampu meningkatkan efisiensi dan juga kualitas hidup yang lebih baik yang berkelanjutan. Adanya kemajuan teknologi dan banyak negara yang mengadopsi konektivitas ini, memberikan banyaknya tantangan agar bisa mewujudkan smart city.

Pengguna IoT untuk menciptakan kota yang lebih cerdas, membutuhkan lebih dari sekedar teknologi canggih dan keren saja, namun membutuh infrastruktur jaringan yang andal dan efisien untuk mendukung penerapan smart city ini. IoT akan melibatkan perangkat berkemampuan internet yang dapat dikontrol untuk mengirimkan data dan statistik. 

Data ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas hidup masyarakat, mulai dari mengakses layanan kota, laporan pemadaman listrik, kecelakaan, membayar pajak, hingga kejahatan yang terjadi. Yuk, kita deep dive IoT untuk smart city melalui artikel DQLab dibawah ini.

Baca juga: Penasaran Apa Itu IoT yang Sedang Naik Daun? Yuk, Kenali Cara Kerjanya!

IoT mengacu pada teknologi yang terhubung bersama jaringan luas dan bekerja sama untuk dapat mempengaruhi dan meningkatkan kehidupan kita. Sebagai contoh yaitu seperti smart watches, dimana data dan sinyal berkontribusi dan berinteraksi untuk mengumpulkan sejumlah informasi yang nantinya dapat menciptakan sebuah informasi yang lebih efisien seperti penggunaan smart watches untuk mengetahui berapa kalori yang terbakar, informasi suhu tubuh, dsb.

Dengan adanya teknologi canggih yang terhubung dengan Big Data, mampu menciptakan solusi cerdas seperti memecahkan masalah, meningkatkan kualitas hidup, hingga menurunkan cara konsumsi sumber data. Sehingga, kehadiran IoT mampu mendukung kota pintar atau smart city menjadi lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa contoh IoT Smart City di dunia yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat:

  1. Smart Parking

Pernahkah kamu harus mencari parkir kosong sampai harus mencari ke lantai tertinggi di parkir gedung? Ya, terkadang hal tersebut menyebalkan karena cukup menyulitkan dan membuang banyak waktu. Namun, seiringnya perkembangan teknologi kini sudah ada solusi yang bisa membantumu yaitu smart parking

Smart parking mampu memberitahu informasi ketersediaan lahan parkir secara lengkap, sensor IoT dapat mendeteksi ketika suatu tempat sedang ditempati atau tidak dan mengirimkannya ke server pusat. Dengan adanya data ini maka mampu memandu pengemudi menuju parkir yang tersedia, mengurangi kemacetan, dan waktu pencarian parkir.

  1. Public Safety

Agar mampu memberikan keselamatan publik, IoT mampu memberikan kumpulan data dan menganalisis data tersebut secara real-time, sehingga memungkinkan untuk mengambil keputusan dan respons yang lebih cepat dengan hasil yang lebih baik. IoT untuk public safety ini mencakup berbagai pengaplikasiannya termasuk tanggap darurat, manajemen lalu lintas, pengawasan video, dan pengendalian massa. Misalnya seperti adanya kondisi darurat polusi udara, sensor IoT dapat memperingati kualitas udara yang tidak baik untuk kesehatan dan memungkinkan membantu pemerintah mengambil tindakan yang diperlukan.

  1. Smart Traffic Management

Sensor IoT ini dapat dipasang pada lampu lalu lintas, jalan raya, dan kendaraan. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data tentang pola kemacetan, lalu lintas, dan kecelakaan yang terjadi disuatu daerah. Dengan adanya data tersebut, maka digunakan untuk mengoptimalkan arus lalu lintas dengan baik dan meningkatkan keselamatan jalan raya. Selain itu, memungkinkan memberikan prediksi pilihan rute untuk mencegah masalah kemacetan dengan memanfaatkan sensor IoT dan data GPS yang digunakan oleh pengendara.

Baca juga: 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian

Menarik bukan? Pada dasarnya, IoT memiliki kemampuan dan potensi yang tidak terbatas. Dengan implementasi skala besar, pengelolaan yang cermat, menggunakan Big Data, dan Artificial Intelligence mampu mengubah pusat kota menjadi ruang yang lebih cerdas, berkelanjutan dan efisien untuk ditinggal oleh masyarakat. Dengan mengumpulkan data dan menerapkan praktisnya, maka generasi mendatang akan menjadi lebih pintar dari sebelumnya.

Agar kamu mampu mengolah dan menganalisis data secara maksimal, kamu bisa coba belajar melalui program Bootcamp belajar bersama mentor di DQLab. Dengan kamu menguasai teori dan praktiknya, selangkah lebih maju untuk berkontribusi meningkatkan kualitas hidup.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB