LogoDIGINATION LOGO

Data Science dan IoT, Apakah Saling Berhubungan?

author Oleh DQLab Sabtu, 2 September 2023 | 10:15 WIB
Share
Share

Data Science, Internet of Things, mesin prediktif, dan Artificial Intelligence, merupakan topik yang tidak pernah habis untuk dibahas. Hal ini karena topik-topik tersebut memiliki peran penting dan mampu membantu tujuan bisnis menjadi lebih terfokuskan. Berbeda dengan sebelumnya, mengadopsi Data Science dan IoT kini sudah menjadi tren yang sangat positif untuk profit dan operasional bisnis keseluruhan. 

Data Science adalah bidang keilmuan terkait mengolah data untuk menghasilkan sebuah insight berupa model prediksi dan visualisasi untuk membantu proses pengambilan keputusan pada perusahaan atau bisnis. Insight dari analisis data ini mendorong banyaknya inovasi teknologi yang semakin canggih, Internet of Things. Namun, mengapa Data Science dan IoT memiliki suatu hubungan? dan apakah hubungan tersebut berguna & berdampak untuk bisnis? Yuk, simak penjelasan yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara berikut ini.

Data Science vs Internet of Things

Pada dasarnya, Data science dan IoT melibatkan pengumpulan data dan melakukan analisis, namun yang menjadi perbedaan utama yaitu Data Science memerlukan analisis manusia dan memakan waktu sedangkan IoT memiliki smart device yang membantu memproses dan mengirimkan data secara cepat dan real-time.

Data Science adalah bidang interdisipliner yang muncul dari computer science, statistik, dan matematika. Data Scientist diharapkan mampu memiliki skill dalam memahami kumpulan data menjadi sebuah informasi menggunakan tools untuk bisa menghasilkan insight yang ditindaklanjuti untuk tujuan bisnis. 

Baca juga: Ini 4 Alasan NON-IT Harus Belajar Data Science, Berani Coba?

Sedangkan Internet of Things adalah jaringan perangkat fisik atau barang-barang yang tertanam dengan elektronik, software, sensor, dan konektivitas yang memungkinkan objek tersebut terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

Tujuan dari Data Science IoT adalah untuk mengungkap pola dan hubungan dalam data dengan menganalisis dan menafsirkan sejumlah besar data yang dihasilkan oleh perangkat dan sistem. Dimana melibatkan machine learning, data mining, dan statistik untuk mendapatkan prediksi serta insight dan insight yang terhubung.

Data Science dan Penerapannya pada Internet of Things

Data Science mengambil dan menggunakan data yang dikumpulkan dari sistem IoT, kemudian mengubah data melalui visualisasi dan analisis menjadi pengambilan keputusan berbasis value yang membantu bisnis berkompetisi di industri. Komponen Data Science memungkinkan ekstraksi dan memahami value dari penggunaan dan penerapan IoT.

Dalam kasus sederhana seperti IoT, data mengacu pada informasi yang dibuat oleh sensor, perangkat, aplikasi, maupun smart device lainnya. Contoh kita dapat melacak kebugaran yang mampu menghitung jumlah langkah yang diambil per harinya, Data Science akan memberi tahu informasi seperti berapa banyak kalori yang dibakar, kapan waktu olahraga yang baik, ataupun berapa banyak berat badan yang perlu diturunkan. 

Baca juga: 4 Manfaat Data Science dalam Mencegah Serangan Siber

Sehingga, Data Science dan IoT memang memiliki kedekatan yang mampu menghasilkan sebuah informasi yang berguna dan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Berkat keduanya, mampu mewujudkan inovasi-inovasi baru serta analisis yang akurat berdasarkan data. Namun, penting juga diingat bahwa risiko Data Science dan IoT juga bisa terjadi kapan saja. Agar proses analisis data dan kumpulan data terjaga, saatnya kamu mulai belajar data untuk bisa terhindar dari kejahatan di dunia siber. 

DQLab adalah kursus online Data Science yang memiliki metode belajar mandiri dan dibimbing langsung bersama mentor praktisi data di industri. Ingin coba belajar Data Science? Ikuti programnya dengan kunjungi tautan https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner . Selamat mencoba!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB