LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Internet of Things (IoT) & Dampak pada Bisnis

author Oleh DQLab Rabu, 30 Agustus 2023 | 17:10 WIB
Share
Share

Hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan sudah terhubung ke internet, mulai dari melakukan komunikasi satu sama lain hingga menyederhanakan operasional bisnis. Internet of Things atau dikenal sebagai IoT memiliki banyak potensi untuk merevolusi industri dan mengubah cara kita menjalankan hidup kita. 

Kombinasi dari bidang-bidang seperti ilmu komputer, teknologi komunikasi, dan teknologi sensor yang memungkinkan terciptanya perangkat yang saling terhubung komunikasi satu sama lain dan internet, yang dimana mengarah pada perkembangan IoT itu sendiri. Sebagai pebisnis atau stakeholders, mampu menerapkan perkembangan-perkembangan baru IoT ini pada bisnis mereka, dengan tujuan agar mampu membantu bisnis menjadi lebih efektif dan produktif. Apakah kamu penasaran dengan IoT dan dampaknya pada bisnis? Simak artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara berikut ini.

Internet of Things & Cara Kerjanya

IoT telah mengubah bagaimana cara kita berinteraksi dengan lingkungan. Sederhananya, Internet of Things (IoT) menggambarkan sebuah era otomatisasi yang dimana memungkinkan objek dan perangkat fisik dapat berbicara dan bertindak dengan sendirinya, sebagai contoh seperti mengendalikan peralatan rumah dari jarak jauh menggunakan ponsel.

IoT menyediakan data secara real-time, meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas, serta memungkinkan membawa inovasi pada aplikasi dan layanan. Dalam dunia bisnis, IoT sendiri mampu meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan profitabilitas dan peningkatan permintaan barang atau layanan berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan biaya lebih rendah.

Baca juga: 4 Manfaat Data Science dalam Mencegah Serangan Siber

Cara kerja atau transformasi yang dilakukan oleh IoT terhadap bisnis yaitu bukan hanya mengumpulkan data, tetapi dilakukan juga analisis pada data agar mendapatkan insight yang tepat dan dapat ditindaklanjuti. Maka dibutuhkannya beberapa tools seperti AI, otomatisasi proses robotik, dan analytics yang berperan membantu analisa data secara mendalam. Hasil analisis data mampu membantu memprediksi kegagalan, optimalkan proses produksi, serta meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. 

Dampak Internet of Things pada Bisnis

Meskipun kemunculan IoT ini memunculkan banyaknya peluang baru terutama pada bisnis, namun teknologi baru juga berpotensi memiliki risiko apabila bisnis mengadopsi IoT ke dalam operasional mereka. Berikut beberapa dampaknya:

  1. Memiliki banyaknya kumpulan data yang tersedia, ketika perangkat saling terhubung maka akan mengumpulkan banyak informasi data yang berguna. Data tersebut dilakukan data mining untuk membantu memberikan insight seperti preferensi pelanggan, tren yang ada di market, serta memberikan potensi ekspansi bisnis di area baru.
  2. Membantu decision making yang tepat berdasarkan data. Menggunakan ketersediaan kumpulan data hanyalah permulaan saja, proses lanjutannya yaitu data dianalisis secara cermat menggunakan parameter tertentu. Dengan demikian maka akan mendapatkan sebuah hasil data yang bisa membantu mengambil keputusan yang tepat.
  3. Pengerjaan dan proses secara otomatis. IoT memungkinkan pengumpulan data secara otomatis sehingga sangat rentan terjadi kesalahan pada prosesnya. Dengan kemampuan respons stimulus otomatis, bisnis bisa mendapatkan kontrol yang lebih besar pada proses ketika mereka mengintegrasikan perangkat jaringan. Sehingga dalam pengadopsiannya, mampu membuat sebuah revolusi bisnis yang lebih efisien.

Baca juga: Ini 4 Alasan NON-IT Harus Belajar Data Science, Berani Coba?

Memahami bagaimana kita memanfaatkan teknologi baru dan data yang ada tentu dapat meningkatkan sistem bisnis. Namun, penting untuk menyadari potensi risiko yang terjadi terutama pada keamanan yang terkait dengan perangkat IoT. Untuk mengambil langkah yang tepat, saatnya Anda mulai mempelajari ilmu Data Science.

Agar pembelajarannya lebih efektif dan sesuai kebutuhanmu, Anda bisa mencoba belajar di DQLab. Terdapat program untuk pemula dengan belajar dibimbing bersama mentor praktisi data di industri dan terdapat mini project dalam rangkaiannya. Informasi lebih lanjut seputar Bootcamp DQLab kunjungi tautan https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sq 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB