LogoDIGINATION LOGO

Cara Mudah Manage Akun Bisnis di Media Sosial

author Oleh DQLab Rabu, 9 Agustus 2023 | 10:55 WIB
Share
Share

Banyak dari pemilik akun bisnis mempunyai akun sosial media sebagai bentuk mendorong peningkatan penjualan online serta visibilitas bisnis. Platform media sosial bisnis sangat penting, sehingga membutuhkan seseorang yang bisa melakukan manajemen media sosial dengan baik mulai dari akun Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, maupun TikTok. 

Bukan sebuah rahasia lagi kalau melakukan manajemen atau pengelolaan akun media sosial bisnis dapat menguras tenaga. Hal ini, butuh sebuah dedikasi untuk bisa mengelola tiap akun di platform yang berbeda sehingga membutuhkan skill juggling mulai dari ide konten, pembuatan konten, hingga mengupload konten pada tiap platform media sosial.

Berikut, DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum cara mudah untuk kamu yang sedang mengelola atau manage akun bisnis di media sosial lebih teratur, yuk simak penjelasannya berikut.

  1. Tentukan Goals pada Akun Media Sosial

Menentukan goals yang ingin dicapai di media sosial harus dibuat secara jelas dan menyeluruh. Dengan menentukan goals tersebut maka akan mempermudah menyelaraskan antara ide konten dan platformnya. 

Baca juga: Sejarah Singkat Pentingnya Data Science pada Bisnis 

Adapun kerangka untuk membantu menetapkan goals media sosial bisnis yaitu menggunakan SMART, yaitu yang dimana Specific (ditentukan secara spesifik), Measurable (dapat diukur dengan angka, disinilah indikator kinerja atau metrik KPI berperan), Achievable (melakukan pengukuran waktu atau anggaran untuk bisa mencapai tujuan tersebut), Realistic (hindari hasil yang hanya janji tetapi tidak membuahkan hasil, sehingga tujuan harus realistis), Time sensitive (berikan kurun waktu untuk mencapai tujuannya, seperti bulanan, tahunan, dan lainnya).

  1. Membuat Konten Rutin

Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai menggunakan kerangka yang teratur, selanjutnya yaitu rutin dalam pembuatan konten. Buatlah sebuah to-do-list agar lebih efektif ketika pembuatan konten. Lakukanlah sebuah eksperimen pada konten yang dibuat setiap minggunya, dengan begitu kamu bisa mengetahui niche dan audiens seperti apa yang mereka sukai melalui konten tersebut.

  1. Gunakan Scheduling pada Konten di Tiap Platform

Di era perkembangan teknologi, kini sudah semakin banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan scheduling konten. Scheduling konten ini berfungsi untuk pengingat visual agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan di awal. Selain itu juga membuat kalender konten membantu menghemat waktu dan menghindari kejenuhan konten media sosial. 

Kalian bisa menggunakan kalender pribadi atau kalender bisnis sekalipun untuk memvisualisasikan rencana jenis konten seperti apa, dimana dan kapan konten tersebut diposting. Secara umum, berdasarkan penelitian Hootsuite, waktu terbaik untuk memposting konten yaitu antara jam 9 pagi dan 12 siang. Waktu tersebut bisa bervariasi dari antar platform dan tergantung dimana target audiens berada.

  1. Lakukan Monitoring dan Analisis Konten Terkini

Work smart, not hard. Agar kita tetap on track dengan goals, perlunya sering memantau platform media sosial. Analisis dari data-data yang telah kamu dapatkan kemudian jadikan data tersebut menjadi strategi yang bisa dibuat sebagai konten selanjutnya. Penting bagi marketer menganalisis konten yang sedang trending di media sosial, karena dengan kita ikut terjun pada tren tersebut memungkinkan kita melakukan development baru pada produk atau layanan merek bisnis.

Baca juga: Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu

Menerapkan data-driven pada marketing bisnis, mampu memahami apa yang berhasil dan strategi yang efektif dengan hasil optimal untuk media sosial bisnis. Belajar data menjadi langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan bisnis menggunakan data analytics. Data analytics sudah menjadi tren bisnis dan tools yang bisa membantu menjawab permasalahan bisnis berdasarkan data, tertarik belajar Data lebih lanjut? 

DQLab merupakan kursus online belajar Data Science yang bisa kamu coba melalui program belajar LiveClass. Pada program DQLab materi dan project yang diberikan yaitu real case industri serta belajar langsung dengan mentor praktisi data profesional. Informasi lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB