LogoDIGINATION LOGO

Modul Pentaho Hadir dalam Bahasa Indonesia, Mudahkan Bisnis Kelola Data

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 30 Mei 2023 | 15:41 WIB
Share
Share

DQLab sebagai salah satu platform belajar data science secara daring, inisiasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Xeratic, berkolaborasi dengan Hitachi Vantara merilis modul Pentaho yang dikemas dalam Bahasa Indonesia sebagai salah satu tools Business Intelligence yang kini cukup digandrungi dalam ragam profesi & lini bisnis. 

DQLab merupakan Official Training Partner Pertama Pentaho di Indonesia. Kini belajar Pentaho lebih mudah & aplikatif untuk diimplementasikan.

Pentaho sendiri merupakan perangkat lunak Business Intelligence (BI) yang menyediakan integrasi data, pelayanan On Line Analytical Processing (OLAP), reporting, dashboarding, data mining dan kemampuan Extraction, Transformation & Load (ETL). Dalam pengembangannya, modul ini membangun Pentaho Data Integration (PDI) atau Kettle yang dapat digunakan untuk migrasi data, membersihkan data, loading dari file ke database atau sebaliknya dalam volume besar. 

Baca juga : Mengenal Pentaho, Tools Powerful untuk Data

Seng Joo Lim, selaku Marketing Specialist Hitachi Vantara mengungkap era transformasi digital dan kemajuan teknologi (seperti Chat GPT), semua lini bisnis membutuhkan data yang dapat diolah, dipersiapkan, dan digunakan untuk pembelajaran mesin dan analisis dalam memecahkan masalah di dunia nyata. Waktu sangat krusial dalam semua langkah ini. Tradisionalnya, cara ini akan memakan waktu tujuh kali lebih lama dibandingkan dengan menggunakan alat seperti Pentaho. 

“Dengan Pentaho, membantu peningkatan produktivitas tujuh kali lipat dan peluncuran produk tujuh kali lebih cepat ke pasar. Pentaho sangat penting untuk membantu perusahaan agar tidak mengalami 'Momen Kodak' berikutnya,” ungkap Seng. 

Dari sekian banyak tools data, Pentaho menjadi salah satu tools yang penting untuk dikuasai, pasalnya kini banyak perusahaan yang mengoptimalkan Pentaho sebagai salah satu proses pengolahan data yang sangat efektif. Berikut ini adalah deretan penting dari menguasai pentaho: 

- Pengambilan data yang terstruktur & terkontrol

- Mudah untuk di sematkan atau embed, di mana hal ini dapat diimplementasikan dalam berbagai jalur aplikasi seperti model data Cloud, model & hybrid.

- Pentaho Data Integration secara akurat mengintegrasikan data & memadukan data dari berbagai sumber. 

- Dengan mengoptimalkan Pentaho, kita dapat melakukan drag & drop secara visual, hal ini memudahkan pembuatan visual yang interaktif & sederhana.

“Analisa data hampir selalu terhambat karena persiapan data yang belum terjadi. Dan persiapan data sendiri adalah proses yang sangat memakan waktu, sebagian sering berulang dan sebagian selalu perlu di-custom. Pentaho datang sebagai tool untuk memecahkan masalah persiapan data dengan signifikan dan mudah digunakan, sehingga dengan menguasainya akan memberi manfaat besar terutama terhadap lancarnya analisa data untuk menghasilkan business insight yang berguna” ungkap Feris Thia, selaku Founder dari Xeratic.

Baca juga : 5 Manfaat Visualisasi Data untuk Finance Bisnis

Sementara ketika ditanya masalah security, Victor Gunawan Co-Founder Xeratic mengungkap modul ini sudah diuji coba dalam penanganan masalah keamanan, termasuk bug. Xeratic menyadari jika keamanan menjadi isu penting, oleh karena itu Hitachi Vantara telah menutup lubang security. Jadi aman untuk enterprise support.

Keunggulan lainnya, tersedianya graphical user interface dan drag-drop komponen yang dapat memudahkan user. Ada tiga komponen utama pada Pentaho, yakni Spoon yang user interface untuk membuat job dan transformation; Pan yang merupakan program yang mengeksekusi transform dan kitchen,program yang mengeksekusi job; dan Transformation sebuat komponen dari PDI berupa rancangan transformasi yang disusun untuk melakukan proses ETL. 

Komunitas data pada Pentaho juga telah terbentuk, hasil kerjasama Hitachi Vantara dengan DQLab. Dengan meluncurkan modul Pentaho dalam Bahasa Indonesia, harapannya tidak ada lagi kendala dalam mempelajari ragam tools Business Intelligence untuk memudahkan proses pengolahan data. 

Sebagai bentuk support dari DQLab & Hitachi Vantara kamu bisa mengakses module Pentaho berbahasa Indonesia di DQLab. Kunjungi https://dqlab.id/ dan daftarkan dirimu untuk dapatkan akses modul Pentaho, training, serta pembelajaran data science menggunakan Bahasa Indonesia secara praktis & aplikatif 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE