LogoDIGINATION LOGO

5 Manfaat Visualisasi Data untuk Finance Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 26 Mei 2023 | 16:39 WIB
Share
Share

 

Visualisasi Data menjadi tools yang sering digunakan untuk mendapatkan sebuah perspektif jelas tentang kesuksesan maupun prediksi berdasarkan analisis data. Bagi bisnis, visualisasi data sangatlah penting karena membantu memahami hasil analisis dan membantu decision making para stakeholders secara tepat. Hampir seluruh departemen dalam bisnis melakukan visualisasi data, salah satunya yaitu departemen atau tim finance.

Tim keuangan juga memiliki banyaknya sumber data mendalam yang mereka gunakan untuk membuat sebuah prediksi dan melacak perkembangan bisnis dengan baik dan efektif. Tim keuangan akan membuat sebuah laporan yang bisa dipresentasikan kepada para stakeholders dan juga tim departemen lainnya. Agar dapat mengkomunikasi laporan tersebut dengan baik, disinilah visualisasi data berperan. DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum 5 manfaat dari visualisasi data yang berguna dan membantu tim finance dalam bisnis, berikut penjelasannya.

  1. Meningkatkan Perencanaan Keuangan Bisnis

Tahukah kamu, dengan menggunakan tools visualisasi data dapat meningkatkan produktivitas kerja? Ya, menggunakan visualisasi data menjadi cara yang bagus untuk menerjemahkan kumpulan data dan hasil analisis data yang sudah didapat.

Bahkan, kini sudah tersedia banyak pilihan visualisasi data yang bisa memperjelas laporan atau perencanaan keuangan bisnis, kamu bisa menggunakan grafik sesuai dengan kebutuhanmu misalnya seperti bar charts, stacked bar chart, line chart, dsb. Dengan menyajikan temuan data menggunakan visualisasi data juga membantu decision making secara efisien karena para stakeholders dapat memahami kesimpulan dari hasil temuan data melalui visualisasi.

Baca juga: 5 Tren Data Science untuk Bisnis Tahun 2023

  1. Mendapatkan Insight Analytics Customer

Tidak hanya meningkatkan produktivitas kerja, melalui visualisasi data juga membantu menjelaskan perilaku konsumen dan mengidentifikasi cara mereka berinteraksi dengan bisnis. Dengan begitu, akan membantu menemukan cara paling efektif untuk membantu pelanggan dalam melakukan transaksi.

Insight yang dimiliki yaitu berasal dari data real-time yang dimana menginformasikan perilaku konsumen dalam mengambil keputusan mereka, sehingga nantinya kamu bisa memberikan sebuah penawaran yang sudah dipersonalisasikan berdasarkan perilaku mereka dan memberikan sebuah program loyalitas agar membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya seperti memahami pilihan transaksi yang sering kali dipilih oleh konsumen dan memberikan sejumlah kode voucher sesuai dengan kebutuhan mereka yang bisa digunakan untuk transaksi.

  1. Menghindari Penipuan

Sudah banyaknya perusahaan menjadi data-driven, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya penipuan dalam menjalankan bisnis. Tim keuangan bisnis dalam menggunakan visualisasi data juga membantu untuk mengidentifikasi dan menandai aktivitas transaksi yang mencurigakan secara real-time

Dengan mengetahui adanya kejanggalan pada aktivitas transaksi tersebut, maka tim keuangan dapat bertindak cepat untuk mencegah penipuan dan memberitahukan kepada pihak berwenang untuk menyelamatkan dari potensi kerugian. Visualisasi data ini sangat efektif karena tidak hanya memberikan data secara real-time melainkan juga membantu memprediksi tindakan apabila terjadi lagi di masa mendatang.

  1. Membantu Analisis Cash Flow Bisnis

Di era digital, analitik sangat membantu dalam merencanakan strategi serta menjalankan operasional bisnis lebih efektif. Kini sudah banyak tim finance menggunakan analitik cash flow untuk membantu menentukan modal dan menghitung jumlah uang transaksi bisnis dengan baik. 

Agar kita bisa mengidentifikasi income atau defisit pada cost expense dalam arus kas, maka disinilah peran visualisasi data dalam membantu mempresentasikan analisis arus kas yang lebih spesifik dan mendalam. Visualisasi data pada cash flow memungkinkan kita untuk mengetahui perkiraan keuangan yang masuk dan pengeluaran, mengurangi risiko, serta membantu memahami situasi arus kas yang lebih jelas.

  1. Prediksi Bisnis dengan Visualisasi Data

Visualisasi data tidak hanya sekedar mempresentasikan hasil analisis menjadi sebuah grafik saja lho, melainkan membantu memperkirakan kinerja macro & micro pada bisnis hingga jangka panjang. Memvisualisasikan data keuangan dari berbagai sumber bisa meningkatkan keakuratan keuangan bisnis termasuk penjualan, pendapatan perusahaan, kebutuhan modal bisnis biaya tetap, dan operasional bisnis lainnya.

Baca juga: Gimana Sih Langkah & Cara Membuat Grafik di Excel?

Bagaimana, menarik bukan kelima manfaat dari visualisasi data diatas? Melakukan visualisasi data kini sudah banyak caranya lho. Kamu bisa menggunakan tools seperti Tableau, Excel, atau Google Data Studio. Media belajar visualisasi data pun juga sudah banyak pilihannya, salah satunya kamu bisa belajar Data di DQLab

Melalui program LiveClass, DQLab memberikan berbagai pilihan kelas belajar Data Science sesuai kebutuhanmu di industri dan belajarnya pun langsung bersama praktidi data profesional yang sudah berpengalaman. Yuk daftarkan diri untuk belajar melalui https://dqlab.id/live-class sekarang, karena data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB