LogoDIGINATION LOGO

Bingung Buat Dana Darurat yang Efektif? Ini Caranya

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 24 Mei 2023 | 14:12 WIB
Share
Share

 

Membuat dana darurat tidaklah mudah, karena seberapapun usaha kita sudah mempersiapkan dana darurat nyatanya akan banyak pengeluaran yang tidak terduga yang bisa terjadi. Kita tidak pernah tahu kapan keadaan tersebut terjadi seperti misalnya membutuhkan dana untuk rawat inap secara mendadak, devaluasi investasi, atau kehilangan bisnis sekalipun. 

Agar kita bisa lebih siap untuk menghadapi keadaan darurat tersebut, saatnya kita mengelola keuangan kita dengan baik. Pasalnya hanya merencanakan dana darurat tidaklah cukup, butuh cara pengelolaan yang efektif agar kita bisa mempunyai dana darurat untuk penggunaan di masa depan. Melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengelola dana darurat. Yuk simak artikel berikut.

  1. Hitung Pendapatan Bulanan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menghitung pendapatan per bulannya, ini menjadi garis dasar yang bisa memberikan gambaran jelas tentang berapa banyak dana yang bisa kamu hemat secara realistis setiap tahunnya. 

Ketika menghitung pendapatan bulanan, pastikan sudah memperhitungkan banyak gaji yang dipotong pajak dan tabungan pensiun kamu. Dengan demikian, perhitungan akan menjadi lebih jelas dan kamu bisa menyiapkan dana darurat.

  1. Menentukan Goals yang Realistis

Perlu diingat, bahwa untuk membuat dana darurat tidak terjadi begitu dalam semalam, sehingga penting untuk kita tentukan goals atau tujuan yang realistis terhadap seberapa besar dana darurat yang ingin dimiliki dalam setahun. Dengan adanya goals juga menjadi sebuah motivasi kamu untuk bisa menyimpan beberapa persen uang yang kamu miliki untuk bisa meraih goals tersebut.

Baca juga: Rumus Excel Dasar Untuk Profesi Financial Analyst


Pro tip: tentukan jumlah uang yang lebih kecil untuk menyimpan dana darurat dan lakukanlah secara konsisten sesuai due date yang ditentukan. Dengan demikian, kamu bisa lho mencapai goals dana darurat.

  1. Temukan Cara untuk Mengatur Dana Darurat Agar Dapat Disimpan

Penting untuk menghindari dana darurat dari jangkauan kita, out of sight, out of mind. Cara efektif agar kamu bisa mempunyai dana darurat yaitu tidak menyentuhnya sejak awal. Siapkan akun rekening secara terpisah yang bisa kamu akses dan setorkan jumlah uang langsung ke dalam akun tersebut sebagai bentuk dana darurat. Upaya kan akun rekening dana darurat ini jangan dibuatkan m banking, tujuannya agar kamu tidak melihat saldo di rekening dana darurat terus-menerus dan untuk menghindari transaksi pada akun dana darurat.

  1. Gunakan Dana Darurat Bila Perlu

Ingatlah terus tujuanmu membangun dana darurat, entah untuk kebutuhan yang mencangkup masa depan, keinginan yang ingin dicapai menggunakan dana darurat atau sekadar membantu kamu agar bisa mengelola uang lebih teratur. 

Sehingga, gunakan dana darurat jika kamu harus membutuhkan sejumlah uang dalam keadaan darurat saja. Dengan cara ini kamu gunakan misalnya ketika kamu tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membayar tagihan listrik/air, melunasi pinjaman, dsb.

  1. Membuat Tracker Budget & Pengeluaran

Cara lainnya agar kamu bisa punya dana darurat yaitu melakukan tracking budget dan pengeluarannya (seperti membayar gas, belanja bulanan, membayar listrik, dsb). Tidak hanya membantu menetapkan perencanaan tabungan, dengan tracker budget juga memungkinkan untuk bisa mengetahui seberapa banyak pengeluaran dan mencari cara untuk bisa mengurangi biaya pengeluaran tersebut.

Baca juga: Pelatihan Excel untuk Pemula Hingga Professional Bersama DQLab

Kamu bisa membuat tracker dengan menulis tangan atau bisa langsung menginputnya menggunakan Microsoft Excel. Excel menjadi salah satu tools pengolahan data numerik yang bisa kamu coba dan sudah banyak rumus-rumus di dalam Excel yang bisa kamu pakai untuk membantu tracking budgeting kamu secara cepat dan efektif.

Excel sendiri bisa kamu pelajari secara mandiri atau bersama dengan ahlinya, DQLab membuka program LiveClass belajar Excel bersama praktisi data professional yang bisa kamu coba lho. Dengan belajar dengan metode HERO, membantu kamu memahami materi secara mendalam dan bisa mengaplikasikannya langsung di industri. Informasi lebih lanjut tentang LiveClass dapat kunjungi https://dqlab.id/live-class 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE