LogoDIGINATION LOGO

7 Cara Buat Bisnis Makin Cuan dengan Excel

author Oleh DQLab Rabu, 12 April 2023 | 16:11 WIB
Share
Share

 

Jika kamu sedang mencari cara untuk mengelola bisnis semakin cuan, Microsoft Excel menjadi opsi terbaik yang bisa kamu gunakan. Microsoft Excel atau Excel merupakan salah satu tools mengolah data spreadsheet yang paling sering digunakan, seperti menghitung data, mengorganisir data, hingga menganalisis data menggunakan rumus yang tersedia.

Tidak hanya itu, dalam Excel juga sudah tersedia fasilitas untuk menyajikan hasil-hasil analisis data dalam bentuk grafik atau diagram. Dengan adanya Excel, hal ini sangat membantu tugas bisnis baik dari segi biaya maupun waktu. Pada artikel ini, DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum beberapa cara Excel yang aplikatif untuk bisnismu sambil memberikan gambaran mengapa tools ini sangat powerful dan berguna, yuk simak artikel berikut!

  1. Analisis Data Bisnis

Hal yang paling mendasar menggunakan Excel adalah analisis data bisnis. Adanya worksheet, dapat membantu kita untuk menyimpan puluhan bahkan ratusan data yang diinput/diisi ke dalam baris & kolom. 

Tidak hanya itu saja, di Excel terdapat fitur-fitur yang memudahkan penginputan data sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis. Misalnya digunakan untuk segmentasi data karyawan, data pelanggan, atau segmentasi data-data bisnis lainnya.

Baca juga: Sejarah Singkat Pentingnya Data Science pada Bisnis 

  1. HR Management

Penggunaan Excel dalam bisnis juga sering digunakan oleh departemen HR yaitu untuk mendapatkan informasi karyawan, informasi gaji, hari libur, hingga absensi karyawan. Excel juga mampu HR terbantu dalam memahami karakteristik karyawan secara komprehensif berdasarkan data serta menemukan insight baru melalui data-data tersebut. 

Adapun beberapa formula atau fitur-fitur dalam Excel yang biasa digunakan seperti SUMIF, PivotTable, VLOOKUP, TODAY, DATEIF, dan filtering data.

  1. Mengelola Informasi Produk Bisnis

Jika kamu sedang menjalankan bisnis e-Commerce atau bisnis online, maka penting untuk mempertahankan informasi produk yang akurat dan terkini. Mengapa demikian? karena hal ini akan berdampak pada penjualan, pengembalian produk bisnis secara online serta berpengaruh pada kepuasan pelanggan secara online.

Dibandingkan mengelola informasi produk bisnis secara manual, Excel bisa mempermudah serta menghindari kesalahan manusia. Penggunaan formula dalam Excel mampu menghemat waktu tim produksi dalam menemukan, menambahkan, mengedit, serta menggabungkan data informasi produk bisnis dengan menggunakan spreadsheet.

  1. Laporan Sales

Cara lainnya dalam memanfaatkan kelebihan Excel adalah bisa digunakan untuk membuat laporan sales bisnis. Di Excel terdapat berbagai macam template yang bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis, template ini dapat mengukur dan melacak kemajuan penjualan pada bisnis. 

Dengan kamu melacak data penjualan, maka bisa membantu kamu dalam mengidentifikasikan pola serta tren baru yang lebih strategis. Tidak hanya menghemat biaya dan waktu, Excel juga dapat membuat prediksi penjualan di masa mendatang juga lho.

  1. Membuat Dashboard Excel

Terlepas dari data numerik, visualisasi sangatlah penting terutama dalam reporting bisnis. Ingin membuat dashboard dan visual yang mudah? Excel jawabannya! Excel sekali lagi menawarkan berbagai template dashboard dan visualisasi membantu menyempurnakan laporanmu seperti bentuk, warna, teks, dan elemen lainnya. Contoh nyatanya yaitu dalam tim Marketing akan menggunakan charts di Excel untuk melaporkan keefektivitasan campaign dari waktu ke waktu.

  1. Pengelolaan Akuntansi

Hampir semua lini bisnis akan menggunakan Excel dalam pengelolaan akuntansi mereka. Hal ini karena di excel terdapat rumus yang memudahkan perhitungannya, seperti membuat neraca, membuatkan sebuah laporan, melacak pengeluaran, perkiraan hingga pinjaman bisnis sekalipun.

Baca juga: Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 

  1. Excel untuk Prediksi Bisnis

Tidak diragukan lagi akan kegunaannya, fleksibilitas Excel dapat melakukan sebuah prediksi bisnis dengan memasukan rumus FORECAST  ke dalam Spreadsheet. Hal ini sangat penting bagi perusahaan terutama jalannya bisnis karena dapat mempengaruhi kondisi profit perusahaan. Mengingat Excel cukup mudah digunakan dan bisa dilakukan oleh siapapun, maka sangatlah penting untuk bisa menguasai Excel di era digital ini karena nantinya akan semakin banyak data yang perlu dianalisis agar mampu memberikan inisight yang berguna.

DQLab adalah platform kursus online data yang dapat membantumu belajar mengolah, menganalisis hingga membuat dashboard dengan tools yang sering digunakan di industri. Mulai coba belajar data dan aplikasikan pada bisnis agar bisnis semakin cuan menggunakan tools Excel, informasi belajar DQLab dalam klik tautan berikut https://dqlab.id/ .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB