LogoDIGINATION LOGO

Penjualan Baju Muslim Keluarga Meningkat 4x Lipat di Tokopedia

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 4 April 2023 | 12:52 WIB
Share
Share

Bulan Ramadhan yang identik dengan silaturahmi cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat termasuk akan pakaian. Bukber hingga Lebaran mendorong masyarakat lebih banyak belanja pakaian.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal-kuartal berlangsungnya Ramadan. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) pun mengatakan permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30% pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021.

Sementara, di e-Commerce Tokopedia juga terlihat adanya peningkatan disetiap bulan ramadan. Seperti pada awal ramadan 2023 berbagai produk fashion muslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia, Blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5x lipat, baju koko 3,5x lipat dan baju muslim keluarga 4x lipat,

"Memasuki awal Ramadan 2023, tren belanja produk fashion muslim lewat Tokopedia menunjukkan peningkatan pesat. Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu,” jelas Aldhy Darmayo, Category Development Senior Lead Tokopedia.

Baca juga : Sambut Lebaran, Ini Rekomendasi Brand Busana Muslim Lokal Terbaik

Selain itu peningkatan yang terjadi ini juga dibekali dengan inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia.

Adapun peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion muslim selama awal Ramadan 2023, terjadi di beberapa wilayah seperti Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat. 

Peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk fesyen muslim di awal Ramadan 2023 lainnya terjadi di Banyuwangi (Jawa Timur), Serang (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), Makassar (Sulawesi Selatan) hingga Medan (Sumatera Utara) dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Tokopedia Hadirkan ‘Ramadan in Style’ untuk #LengkapiRamadan Masyarakat

Baca juga : BliBli Dukung Heaven Lights Angkat Romantisme Spanyol dalam Koleksi Pakaian Muslimah Terbaru

Untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion khususnya fashion muslim, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fashion muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien karena ada diskon hingga 99%, flash sale mulai dari Rp1.000 dan cashback sampai Rp300 ribu.

Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan untuk duafa, anak yatim dan piatu. Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan, contohnya Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE