LogoDIGINATION LOGO

Tukar Uang Baru Buat THR Lebaran Lewat Website PINTAR BI

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 29 Maret 2023 | 16:07 WIB
Share
Share

Bagi-bagi THR saat hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu-tunggu ketika kumpul keluarga. Tentu sebagian orang pun ingin turut serta berbagi kebahagiaan dengan membagikan amplop THR berisi uang baru.

Bagi masyarakat yang ingin tukar uang baru, Bank Indonesia (BI) mempermudah penukaran dengan cara mendaftar via online. Yups..  platform online PINTAR dari Bank Indonesia (BI) akan membantu masyarakat memesan penukaran terlebih dahulu melalui website.

Namun perlu dicatat, penggunaan PINTAR khusus untuk layanan penukaran di Kas Keliling. Akses penukaran uang di platform PINTAR di Kas Keliling ini adalah langkah Bank Indonesia mempermudah masyarakat mendapatkan lebih banyak akses penukaran uang selain di bank konvensional.

Berikut cara tukar uang baru buat Lebaran via PINTAR BI :

Baca juga : PajakUMKM.id Solusi Pajak untuk Pelaku Bisnis UMKM

- Kunjungi link penukaran uang baru buat Lebaran 2023 https://pintar.bi.go.id/.

- Selanjutnya, pilih menu "Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling" yang berada di halaman awal situs.

- Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan. Akan muncul daftar lokasi dan tanggal yang tersedia.

- Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.

- Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail.

- Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, dan akan diberi bukti pemesanan.

- Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang baru buat Lebaran 2023, sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.

Baca juga : Ide Jualan Hampers Ramadan Anti Mainstream 

Sebagai informasi, BI sudah mulai membuka layanan penukaran uang rupiah baru pada Senin (27/3/2023). Layanan ini dibuka hingga 20 April 2023 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Lebaran 2023.

BI menyiapkan uang sebesar Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang dengan berbagai pecahan. Adapun setiap orang diberikan maksimal paket penukaran uang sebesar Rp 3.800.000/orang. 

Layanan penukaran pecahan rupiah ini bisa diakses di 5.066 titik layanan penukaran di bank-bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Masyarakat juga bisa melakukan penukaran uang di jalur mudik. Pada 15-19 April 2023 BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dahulu melalui PINTAR.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE